Implementasi model Problem Based Learnng (PBL) berbantuan media wordwall

Ardista Octaviana, Diyan Marlina, Naniek Kusumawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Observasi, eksperimen, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah guru dan 30 siswa kelas V di SDN Grudo 3 Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 57% meningkat menjadi 87% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Grudo 3 Ngawi.


Keywords


Problem Based Learning (PBL), wordwall

Full Text:

PDF

References


Arsyad, M. N., & Fatmawati, D. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Dalam 188 |Jurnal Agastya (Vol. 8).

Asih. (2016Nasional PGSD UST, 20, 249-259. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039985

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Desi Indarwati, Wahyudi, & Novisita Ratu. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17–27.

Desriyanti Restu & Lazulva. (2016). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 1(2), 70–78. https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.12366

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Listin Rosdiani, Badri Munawar, & Ratna Dewi. (2021). Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall Untuk Guru Di Kelurahan Karaton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247–255.

Muhammad Fuad Sya’ban. (2014). Kepedulian Lingkungan dengan Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal.

Nafi’ah, Tsamrotin, dkk. (2021). Model Card Sort Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Adaptivia, 321-328

Hosnan. 2014. Pendekatan Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Wafiqni, Nafia, & Fanny, M.P. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83


Refbacks

  • There are currently no refbacks.