Pengaruh penggunaan aplikasi let’s read terhadap minat baca pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas v sekolah dasar

Musthawa Hero Sungsang Saputra, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Rendahnya minat baca siswa di kelas V SD Negeri 2 Pucangombo, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, menjadi permasalahan yang dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Let's Read sebagai perpustakaan digital interaktif yang menarik dan sesuai dengan perkembangan usia siswa Sekolah Dasar. Sehingga, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Let’s Read terhadap minat baca pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang bertempat di SD Negeri 2 Pucangombo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket atau kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji paired sample t dengan menggunakan program IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan aplikasi Let’s Read terhadap minat baca pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V.

Keywords


Minat baca, Let’s Read, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. 3(1).

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS II KUTA UTARA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83.

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 20 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Bina Gogik, 4(1), 53–64.

Halimatussakdiah, & Lestari, L. D. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE TUTOR SEBAYA BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS VI SD. Jurnal Guru Kita PGSD, 3(2), 219–226.

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra ( BASASTRA ) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81–98.

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). MINAT BACA ANAK-ANAK DI KAMPOENG BACA KABUPATEN JEMBER. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328.

Marlina, N. A. (2021). Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Karanggayam. Jurnal Literasi, XII(1), 1–10.

Maruti, E. S., Isticomah, B., Mei, Y. G., Khoiru, U., & Huda, N. (2021). Program Literasi Digital bagi Anak-Anak Kampung Wonopuro, Dusun Sidowayah, Kabupaten Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research and Engagement, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i2.861

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881

Mubarok, Z. (2018). PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO SURVEY PADA SISWA MAN DI JAKARTA. Jurnal Mandiri, 2(1), 201–225.

Novrizta, D. (2019). HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 104–124.

Samsiyah, N. (2019). MENYONGSONG ERA REVOLUSI 4.0 DENGAN LITERASI BACA MELALUI LET’S READ DALAM PEMBELAJARAN SD. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY, 89–95.

Sari, P. A. P. (2020). HUBUNGAN LITERASI BACA TULIS DAN MINAT MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Yazidi, A. (2012). BAHASA INDONESIA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA (INDONESIAN LANGUAGE AS THE NATIONAL IDENTITY OF INDONESIAN. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 163–177.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.