Penerapan profil pelajar pancasila sebagai upaya mewujudkan pendidikan karakter di sekolah dasar

Syalma Eka Fitriani, Maya Kartika Sari, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Visi dan misi Kemendikbud untuk membentuk peserta didik menjadi peserta didik Pancasila yang memiliki nilai keimanan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berpikir kritis, kebhinnekaan global, gotong royong, mandiri, dan kreatif merupakan bagian dari profil peserta didik Pancasila. . Sangat penting untuk mengimplementasikan visi dan misi ini di lembaga pendidikan. Profil kurikulum belajar mandiri mahasiswa Pancasila diharapkan dapat dimanfaatkan baik di kampus pengajaran maupun di program belajar mandiri. Melalui rangkaian tiga kegiatan kampus pengajaran tahun 2022, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai profil mahasiswa Pancasila. Penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Metode studi dokumen dan kajian literatur digunakan untuk mengumpulkan data. Proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai profil siswa pancasila diterapkan melalui latihan gotong royong, latihan kemahiran dan berhitung, live in school dan pengarahan ketat Islam, bakti spanduk dan kumpul-kumpul sekolah. Upaya pemerintah Indonesia untuk mengimplementasikan pendidikan karakter di tingkat dasar dan perguruan tinggi terkait dengan profil siswa Pancasila.

Keywords


pelajar Pancasila, pendidikan karakter, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Juliani, A. J., & Bastian, A. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PELAJAR PANCASILA.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Kamaruddin, S. A. (2012). Character Education and Students Social Behavior. In Journal of Education and Learning (Vol. 6, Issue 4).

Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2007). Character Education. In Handbook of Child Psychology. John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/9780470147658.chpsy0407

Nurun Alanur, S. S., Amus, S., & Tadulako, U. (2022). PENERAPAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553

Pengabdian dan Edukasi Sekolah, J., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Kristina Sinaga, Y., Tannuary, A., & Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, S. (n.d.). SOSIALISASI IMPLEMENTASI PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3). https://doi.org/10.29210/30032075000

Teknodik, J., Susilawati, E., Sarifuddin Pusat Data dan Teknologi Infornasi, S., Pendidikan, K., Teknologi RE Martadinata KM, dan J., & Selatan, T. (2021). Eni Susilawati, dkk: Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “Merdeka Mengajar” Platform (Vol. 25).

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). KONSTRUKSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU PANDUAN GURU PPKN DI SEKOLAH DASAR. 7(1), 71–87. https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582


Refbacks

  • There are currently no refbacks.