Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas v sdn 04 madiun lor

Berril Imsi Qi Nora, Ibadullah Malawi, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, kepraktisan, hasil belajar, dan motivasi belajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis Flipbook dalam pembelajaran tematik di kelas 5 SDN 04 Madiun Lor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui teknik pretest dan posttest serta teknik non-tes seperti observasi, wawancara, data dokumen, kuesioner, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis Flipbook secara signifikan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa, dengan nilai di atas Kriteria Ketuntasan  Minimal (KKM) dan dikategorikan sebagai sangat efektif. Evaluasi kepraktisan juga menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat praktis, dengan nilai respon siswa mencapai 87% dalam rentang presentase 80% - 100%. Validitas bahan ajar telah diverifikasi melalui proses evaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, yang memberikan penilaian sangat valid dengan rentang presentase 80% - 100%. Hal ini menandakan bahwa bahan ajar berbasis Flipbook telah melalui proses validasi dan layak digunakan dalam pembelajaran setelah melalui proses revisi. Selain itu, hasil angket motivasi belajar menunjukkan bahwa penggunaan produk bahan ajar berbasis Flipbook mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan nilai tinggi mencapai 79% dalam rentang presentase 80% - 100%.

Keywords


Bahan Ajar, Flipbook, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. EDISI, 3(2), 312-325.

Maghfirah, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2022). Pengembangan Media Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 Kelas V. Jpmi: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 1-9.

Monica, I. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia. ALOTROP, 7(1), 33-43.

Nadzir, H. N. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 3(1). 105

Nana, M. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Penerbit Lakeisha.

Rusnilawati, & Eva, G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (Bae) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan Ctl Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar.Profesi Pendidikan Dasar, 4(2):190-201

Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif. Penerbit Pustaka Ramadhan.

Usman, A., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Flipbook Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition Muatan IPS Kelas IV SDN 48 Cakranegara. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.