Pengembangan media permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar

Bella Tri Arumsari, Dian Nur Antika Eky Hastuti, Maya Kartika Sari

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengembangkan media permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pengembangan media permainan ular tangga ini dilatarbelakangi oleh peramasalahan yang ada ditemukan dari hasil observasi di SDN 03 Madiun Lor yaitu (a) siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, (b) siswa kurang paham akan keberagaman rumah adat yang ada di Indonesia, (c) media yang digunakan oleh guru yaitu berupa buku IPS dan beberapa gambar rumah adat yang ada, dan (d) pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan di kelas masih kurang. Penelitian dan pengembangan model ADDIE (Sugiyono, 2019) terdapat 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil perhitungan diperoleh presentase 96,36% untuk ahli media, 95,38% untuk ahli materi, dan angket respon guru memperoleh presentase 84,61% serta untuk angket respon siswa dengan jumlah 26 siswa memperoleh rata-rata 90% hingga 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga layak digunakan dalam proses pembelajaran

Keywords


Media, Permainan Ular Tangga, IPS

Full Text:

PDF

References


Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23763

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405

Hasan, H. (2022). Pengembangan sistem informasi dokumentasi terpusat pada stmik tidore mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23–29. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/32

Hidayat, F., Hajar, A., Nurpratiwi, S., Afnanda, M., Handayani, R., & Yahya, A. M. (2023). Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=UULBEAAAQBAJ

Kartika Yuni Purwanti, S. P. M. P., & Kusumaningsih, D. (2022). GAME BASED LEARNING DENGAN PERFECT NUMBER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=GpRnEAAAQBAJ

Lindasari, E., Ansari, K., & Marice, M. (2019). Interactive Multimedia Development in Learning of Film Review Text for 8th Grade Students in Senior High School (SMP) 1 Tanjungmorawa. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 355–362. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.522

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., Damayani, A. T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7, No, 255.

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jote: Journal On Teacher Education, 4(1), 54–61.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.

Meriyati, M., Latifah, S., Hidayah, N., Shawmi, A. N., Amrullah, M. A., & Fitriana, N. S. (2019). Snake and Ladder Game Integrated with Asmaul-husna: Development of Learning Media. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012024

Rahayu, E., AR, R., & Deskoni. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 157.

Sudrajat, A., Meiliana Lovienica, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 70–75. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3217

Sugiyono. (2019). Metedologi Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ RND). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharmanto, P., & Forum, E. (2021). J ourna l. 05(February), 21–24

Syawaluddin, A., Afriani Rachman, S., & Khaerunnisa. (2020). Developing Snake Ladder Game Learning Media to Increase Students’ Interest and Learning Outcomes on Social Studies in Elementary School. Simulation and Gaming, 51(4), 432–442. https://doi.org/10.1177/1046878120921902

Uge, S., Neolaka, A., & Yasin, M. (2019). Development of social studies learning model based on local wisdom in improving students’ knowledge and social attitude. International Journal of Instruction, 12(3), 375–388. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12323a


Refbacks

  • There are currently no refbacks.