Efektifitas media pembelajaran nearpod terhadap hasil belajar tematik pada kelas V sekolah dasar

Yudha Mahardika Putra, Sri Lestari, Lingga Nico Pradana

Abstract


Media merupakan arus utama dalam menggabungkan materi pendidikan yang disampaikan guru dari berbagai topik menjadi bahan informasi kepada siswa yang memperoleh pengetahuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tuijuian peineilitan ini adalah uintuik meingeitahuii apakah hasil beilajar siswa yang meingikuiti peimbeilajaran saintifik meingguinakan meidia Neiarpod leibih baik daripada peimbeilajaran saintifik tanpa meingguinakan meidia Neiarpod. Sampeil yang diguinakan dalam peineilitian ini adalah siswa keilas V SDN 7 Sawoo yang beirjuimlah 16 siswa seibagai keilas eksperimen dan siswa keilas V SDN Sidomuilyo 01 yang beirjuimlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Peineilitian ini meingguinakan teiknik peingambilan data teis dan dokuimeintasi. hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, bahwa terdapat perbedaan rerata yang signifikan dari hasil posttest pada kelas eksperimen sebesar 82,5 dan kelas kontrol sebesar 74,38 yang dimana kelas eksperimen memperoleh rerata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa H₀ ditolak / H₁ diterima yang berarti hasil belajar siswa yang mengikuti peimbeilajaran saintifik meingguinakan meidia Neiarpod tidak sama dengan siswa yang mengikuti peimbeilajaran saintifik tanpa meingguinakan meidia Neiarpod. Beirdasarkan hasil peineilitian dan peimbahasan yang teilah dilakuikan peineiliti, dapat disimpuilkan bahwa hasil beilajar siswa yang meingikuiti peimbeilajaran saintifik meingguinakan meidia Neiarpod leibih eifeiktif daripada siswa yang meingikuiti peimbeilajaran saintifik tanpa meingguinakan meidia Neiarpod.

Keywords


Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Media Nearpod

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. In Lantanida Journal, 4(1), 35-49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866

Alicia, H., Fardisah, T., & Muhtarisatul, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Nearpod Terhadap Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Termodinamika. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 4(2), 64-71. https://doi.org/https://doi.org/10.37792/jukanti.v4i2.291

Aslami, R. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3354

Atsira, L., & Zukdi, I. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Nearpod Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Al-Qur’an Hadits Kelas X Di Man 2 Padang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 94-103. https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.14

Banjarnahor, Y. D. M., & Tarigan, D. (2023). Nearpod-Based Interactive Learning Media in Improving Learning Outcomes of Class V Elementary School Students. Indonesian Journal of Advanced Research, 2(6), 767–778. https://doi.org/10.55927/ijar.v2i6.4554

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433-441. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28035

Djannah, M., Zulherman, & Nurafni. (2021). Kahoot Application for Elementary School Students: Implementations of Learning Process from Distance during Pandemic period of COVID 19. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 1-7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121

Fareza, I. H., & Zuhdi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Dalam Materi Perkembangbiakan Pada Tumbuhan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 11(1), 11-21. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian pgsd/article/view/52388

Fauziah, L., & Fitriyani. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematikdengan Metode Yang Bervariatif dan Model Tiruan di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 62–73. https://doi.org/10.21009/JPD.013.06

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418-426. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, 3(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199

Kasiram, M. (2008). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Malang: UIN-Malang Pers, 149.

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231-2246. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3724

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 183-196.

Muliani, E., & Ginting, R. D. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Nearpod Tema 6 Subtema 3 Siswa Kelas IV SD Negeri 054870 Tanjung Jati T.A 2022/2023. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 14(1), 15-21. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/47213

Munandar, T., & Ahmad, M. (2022). E-Modul Berbasis Nearpod pada Materi PPKn Kelas 2 Tema Hidup Rukun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 11–

Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4578

Putri, G. F., Yasbiati, & Pranata, O. H. (2018). Pengaruh Media Pop-Up Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanannya. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. 5(1), 174-183. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Putri, V. M., & Amini, R. (2023). Development of Integrated Thematic Electronic Worksheets With RADEC Learning Model Using Nearpod. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2213–2224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4217

Rahmawati, A. A., Churiyah, M., Bukhori, I., & Agustina, Y. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Berbantuan Nearpod. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 109-121. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper

Rivelia, P. K., & Reinita. (2023). The Development of Nearpod Interactive Multimedia Using Problem Based Learning Models on Civics Learning in Elementary School. Jurnal Basicedu, 7(2), 1117–1126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4897

Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa SD di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13-21. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Wahyudi, Nurhidayah, D. A., Sumaji, & Febriyanti, D. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Nearpod Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Sekolah MI Muhammadiyah Ponorogo. MAFAZA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 160–171. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/mafaza/article/view/1148

Yanuarto, W. N., Setyaningsih, E., & Amri, K. (2023). Employing Nearpod as a Resource to Encourage Active Students in BYOD Mathematics Learning Model. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(1), 74–79. https://doi.org/10.31764/jtam.v7i1.11864


Refbacks

  • There are currently no refbacks.