Analisis penerapan model course review horay (crh) dalam aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas v

Eny Febriyanti, Nur Samsiyah, Hartini Hartini

Abstract


Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan berbagai mata pelajaran dengan memanfaatkan tema-tema khusus sebagai fokus utama sebagai penghubungnya. Tujuan dari pendekatan ini adalah memberikan pengalaman yang memiliki makna bagi peserta didik. Pembelajaran mengacu pada semua kegiatan proses interaktif  bekerja hal yang sama berlaku dalam mencapai tujuan pembelajaran. Aktivitas interaktif yang dimaksud di sini melibatkan peran siswa., keaktifan siswa dalam pembelajaran menciptakan pembelajaran yang aktif. Tujuan adanya penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model course review horay pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang diambil melalui kegiatan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua yaitu sumber data sekunder dan sumber data primer. Pada penelitian ini jumlah informan yang akan diteliti berjumlah 4 orang yaitu guru kelas VC dan 3 siswa. Temuan dalam kegiatan ini adalah bentuk penerapan model pembelajaran course review horay pada pembelajaran tematik dimana guru menerapkan model pembelajaran ini melalui kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Keywords


Model Pembelajaran Course Review Horay, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Aksa, M. Saleh. 2012. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Pokok Bahasan Pasar Kelas X Di MAN Gandapura. Lentera. Vol. 12 No. 1

Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. In Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Hermansyah Trimantara, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Pendekatan Kelompok Kecil Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V, (Terampil, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomer 2) Desember 2015, h. 226

Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Rogers, K. (2011). The Digestive System. Britannica Educational PUblishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.