Pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas II

Rico Bayu Prasetya, Sri Lestari, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana penggunaan media scrapbook berdampak pada minat belajar peserta didik dalam pelajaran tematik di kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Eksperimen kuasi, atau eksperimen semu, dilakukan pada dua sekolah dasar kelas 2 dengan perlakuan yang berbeda. SDN Sidomulyo 01 menggunakan media scrapbook untuk kelas eksperimen dan SDN Sambirejo 01 menggunakan media papan multifungsi untuk kelas kontrol. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, tiga puluh peserta didik dijadikan sampel. Lembar observasi dan kuesioner, atau angket digunakan untuk mengumpulkan data. Pengolahan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung (3,869) lebih besar dari ttabel (2,131), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi terdapat pengaruh media scrapbook terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas II sekolah dasar.

Keywords


Media scrapbook, minat belajar, pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Peserta didik di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940-3949.

Cahyani, I. D., Hakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran scrapbook dongeng fabel terhadap minat literasi peserta didik SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 337-343.

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Hadi, A., Asrori, & Rusman (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Kuncahyono, S., & Sudarmiatin, S. (2018). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik indahnya negeriku untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 156-163.

Rahmawanti, N., Mashuri, M. T., & Nurjanah, N. (2019). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 94-100.

Risnanosanti, S. Y., Salam, M. F., Togatorop, F., Hutagalung, I. S. R., Darojah, R. U., Mustova, S. Z., ... & Abdullah, A. R. (2022). Pengembangan Minat & Bakat Belajar Peserta didik. Literasi Nusantara.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap peserta didik dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.

Sari, I. P., Yuliantini, N., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Peserta didik Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 336-344.

Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan Dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 1–17.

Utaminingsih, S., Agustini, F., & Aniq KHB, M. (2019). Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi p embelajarantematik kelas 1 SD. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136.

Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107-120.

Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta didik Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 1524. https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583


Refbacks

  • There are currently no refbacks.