Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IV SDN Sebayi 01

Herlinda Wijaya Putri, Vivi Rulviana, Apri Kartikasari HS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan buku saku berbasis mind mapping serta kelayakan dari buku saku berbasis mind mapping di dalam pembelajaran terutama pada siswa SDN Sebayi 01.Penelitian ini menggunakan Prosedur Borg and gall (R&D) dengan 10 langkah yang ada di dalamnya akan tetapi peneliti mengambil hanya 6 langkah dengan memperhatikan durasi waktu penelitian serta kondisi lapangan. menggunakan metode kualitatif dengan mengujinya menggunakan Skala Likert, Uji Validasi, Hasil Kelayakan Produk Media Buku Saku Berbasis Mind Mapping.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinyatakan layak dengan dilakukannya Uji Validasi Ahli yaitu: Ahli Materi, Ahli Media dan Ahli Bahasa. dengan rata-rata persentase dari ketiga validator mencapai 87,9% Kategori Sangat Baik. selain validasi ahli peneliti juga memberikan angket kepada Guru dengan hasil persetase 100% dan hasil angket siswa dengan persentase 97,4% sehingga buku saku dapat dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan.

Keywords


Buku Saku; Mind Mapping; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Toro, K., Utomo, S., & Suad, S. (2021). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Materi Bentuk Keberagaman di Indonesia Untuk Peningkatan Hasil Belajar PPKn Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1).

Ita, R., Syamswisna, S., & Ariyati, E. (2018). Pembuatan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).

Melyanti, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping Untuk Pembelajaran Ekonomi Kelas XI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan buku saku berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA. Jurnal Kreatif: jurnal kependidikan dasar, 9(1).

Setiyaningrum, S., & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305-317.

Harfi, T. S. P., & Ambarwati, N. S. S. (2022). Pembuatan Buku Saku Panduan Pemakaian Retinol untuk Mencegah Penuaan bagi Pemula. Jurnal Tata Rias, 12(2), 43-53.

Chairudin, M., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 951-962.

Alfyonita, S., Utami, P. P., & Putra, N. L. J. (2019). Upaya Meningkatkan Pemehaman Peserta Didik pada Materi Sumpah Pemuda melalui Mind Mapping. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Putri, S. A., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2023). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada Pembelajaran PPKn Kelas III SD. INDONESIAN RESEARCH JOURNAL ON EDUCATION, 3(1), 251-253.

Abidin, Z., Faradiba, S. S., & Widdah, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Mind Mapping Materi Matriks bagi Siswa SMA Islam Almaarif Singosari. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1(3), 110-117.

Yolanda, F., & Hasanah, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1039-1051.

Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5186-5195.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.