Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pemberian BINGO Card untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II SDN Ngegong

Nopa Nurlala, Nur Samsiyah, Hartini Hartini

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki minat baca rendah hal ini dibuktikan pada skor PISA Indonesia. Setelah adanya pandemic covid-19 pada saat pembelajaran siswa cenderung bertanya kepada temanya pada saat menjawab soal dibandingkan mencari jawaban didalam buku. Sehingga diperlukan kegiatan yang menarik siswa untuk membaca. Penelitian ini difokuskan pada implementasi gerakan literasi melalui BINGO Card untuk menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bagaimana implementasi gerakan literasi di kelas II SDN Ngegong, 2) Mendeskripsikan minat baca siswa sebelum adanya media BINGO card. 3) mendeskripsikan bagaimana minat baca setelah adanya media BINGO card. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Ngegong yang berjumlah 30 siswa. Tahapan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah dibagi menjadi 3 tahap yaitu: 1) tahap perencanaan, dilakukan dengan kegiatan pembiasaan membaca buku selama 15 menit, 2) tahap pelaksanaan dimana disini digunakan media BINGO Card, 3) tahap evaluasi dilakukan dengan menjawab pertanyaan pada BINGO Card. Siswa yang menjawab pertanyaan dengan tepat dan berhasil mengumpulkan kartu B,I,N,G,O akan mendapat hadiah. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa dengan adanya media BINGO Card siswa menjadi lebih antusias dan senang mebaca tidak hanya selama kegiatan berlangsung namun diwaktu luangnya.

Keywords


Literasi; BINGO Card; Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah: Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dharma, K. 2020. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal,1(1),70-76. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/articel/view/403

Kemendikbud. 2019. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Oktaviani, R., & Liyah Agustinah, E. S. 2021. Implementasi Program Literasi Melaului Pemberian Bingo Card Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas III SDN Selorejo II. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 63-81. https://doi.org/10.29407/ jpdn.v7i1.15656

Ruslan, & Wibayanti, S. H. 2019. Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 JANUARI 2019, 767–775.

Salma, A., & Mudzanatun. 2019. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 122–127.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Renika Cipta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: AlfabetaAlexie, S. (2019). The business of fancydancing: Stories and poems. Brooklyn, NY: Hang Loose Press.

Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.