Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Kelas V SDN 03 Madiun Lor

Dian Novitasari, ivayuni Listiani, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Tujuan penelitian berikut ialah untuk mengetahui pengaruh model think talk write terhadap keterampilan menulis narasi kelas V SDN 03 Madiun Lor. Model think talk write juga bisa dikatakan pendekatan pembelajaran sosial yang memungkinkan siswa untuk membentuk dan memodifikasi ide dan mendorong untuk merenungkan, berdiskusi, dan menulis tentang suatu subjek. Jenis penelitian berikut ialah penelitian kuantitatif dengan post-test only with nonequivalent control group design. Populasi dalam riset ini ialah siswa kelas V A sebanyak 30 siswa dan siswa kelas V B sebanyak 30 siswa, jumlah total keseluruhan riset ialah 60 siswa. Sampel diperiksa melalui tes sampling purposive dengan mengukur hasil keterampilan menulis narasi siswa. Tes, observasi, dan data yang menilai kemampuan menulis cerita siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data. Uji-t independen digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil Tes Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Bahasa Indonesia SDN 03 Madiun Lor. Hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berikut pengujian hipotesis pada kelas kontrol, dimana nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Talk Write dapat berdampak pada kemampuan menulis narasi serta komentar positif dari siswa.


Keywords


Model think talk write; keterampilan menulis narasi; bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2019). Guided experiments book based on SETS (Science, Environment, Technology, and Society) to empower science literacy for elementary school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.

Putro, A. L., & Sujatmiko, B. (2019). Pengembangan media berbasis video animasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif serta psikomotorik siswa pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak di smk negeri 3 Surabaya. It-Edu: Jurnal Information.

Riansyah, Fahri, Arnida Sari. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning Vol. 1, No. 2, Hal. 119-126.

Rikmasari, R., & Kurniati, P. R. (2021). Peranan Model Think Talk Write (TTW) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa SD Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 20-28.

Salmita, S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sdn 007 Tete Uri Melalui Metode Think Talk Write (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Sugiyono, Prof. Dr. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan ke.Bandung: Alfabeta, Bandung.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Ummul, Khair. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR- RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.