STUDI LITERATUR: KEEFEKTIFAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Alfiana Nur Awalin, Dian Nur Antika Eky Hastuti, Suyanti Suyanti

Abstract


Kemajuan abad 21 memberikan dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan di Indonesia. Salah satu strategi yang di anggap efektif untuk diterapkan adalah penggunaan metode blended learning adalah perpaduan metode belajar tatap muka dan belajar secara online. Penerapan metode blended learning dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat dalam pembelajaran di kelas seperti, sumber belajar dari internet berupa gambar, teks, video, suara, dan lain-lain yang mudah di akses pengajar dan siswa. Hasil belajar merupakan sebuah hasil dari perubahan tingkah laku yang terjadi setelah mengikuti proses pembelajaran dan hasil dari perubahan perilaku tersebut dapat diukur. Hasil belajar siswa bisa berupa tiga aspek. Yakni, aspek kognitif, aspek psikomotor, dan aspek afektif. Hasil belajar dapat dijadikan ukuran apakah siswa tersebut sudah berhasil dalam memahami materi yang disampaikan atau belum. Pada penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode blended learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


blended learning; hasil belajar; siswa

Full Text:

PDF

References


Amalia, Dita Yessi, dan J. Julia. 2022. “Transisi Pendidikan Era New Normal: Analisis Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(2):1618–28. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2171.

Andriani, Rike, dan Rasto Rasto. 2019. “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1):80. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.

Apra Santosa, Tomi, Abdul Razak, Azwir Anhar, dan Ramadan Sumarmin. 2021. “Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Zoologi di Era Covid-19.” Biodik 7(01):77–83. doi: 10.22437/bio.v7i01.11708.

Bibi, Sarah, dan Handaru Jati. 2015. “Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman.” Jurnal Pendidikan Vokasi 5(1):74. doi: 10.21831/jpv.v5i1.6074.

Dewi, Citra Ayu. 2013. “Keefektifan Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa IKIP Mataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan.” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 1(1):8. doi: 10.33394/hjkk.v1i1.573.

Herawati, A. A., V. Afriyati, S. Habibah, dan 2020. “… Berbasis Blended Learning untuk

Mengurangi Burnout Belajar Pada Perkuliahan Bimbingan dan Konseling Keluarga di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas ….” Educational … 3(2):40–48.

Irawati, Ilfa, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Nasruddin Nasruddin. 2021. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pijar Mipa 16(1):44–48. doi: 10.29303/jpm.v16i1.2202.

Novita, Lina, Elly Sukmanasa, dan Mahesa Yudistira Pratama. 2019. “Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD.” © 2019-Indonesian Journal of Primary Education 3(2):64–72.

Rachman, Aditia, Yusep Sukrawan, dan Dedi Rohendi. 2019. “Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 dDmensi.” Journal of Mechanical Engineering Education 6(2):145–52.

Ramadania, Fajarika, dan Dana Aswadi. 2020. “Blended Learning dalam Merdeka Belajar Teks Eksposisi.” STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 5(1):10–21. doi: 10.33654/sti.v5i1.1014.

Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3):350–61. doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.

Sudana, I, W. 2021. “Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan metode blended learning melalui aplikasi google classroom.” Indonesian Journal of Educational Development 2(1):38–47. doi: 10.5281/zenodo.4781849.

Widyasari, L. A., dan M. A. Rafsanjani. 2021. “Apakah Penerapan Blended Learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh?” Edukatif: Jurnal Ilmu … 3(3):854–64.

Wijaya, Andhega. 2020. “Indonesian Journal of Primary Education Fleksibilitas Siswa Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary Education 4(1):118–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.