Implementasi Flipped Classroom Pada Pembelajaran Tematik SDN 01 Klegen Kota Madiun

Oza Herlina, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Vivi Rulviana

Abstract


Dalam masa pandemi covid-19 dan era new normal yang sedang melanda negara

Indonesia menimbulkan beberapa perubahan dan dampak pada segi ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. Salah satu dampak yang akan peneliti bahas pada artikel kali ini yaitu dampak dari segi pendidikan. Sejak terjadinya pandemi di Indonesia kegiatan pembelajaran menjadi sedikit terhambat dikarenakan kurangnya waktu untuk tatap muka di sekolah. Oleh sebab itu satuan pendidikan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat ini, salah satu model pembelajaran yang sedang diterapkan yaitu model pembelajaran flipped classroom. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan, pelaksanaan, dan juga untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam menjalankan model pembelajaran ini. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, proses pengumpulan data ini mengunakan intrumen observasi serta wawancara, dimana peneliti mengambil subjek kepala sekolah, 2 orang guru kelas, dan 5 orang siswa yang diambil secara acak. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data bahwa SDN 01 Klegen Kota Madiun telah menerapkan model pembelajaran sejak awal terjadinya pandemi, model pembelajaran flipped classroom berbasis digital oleh karena itu guru dan para peserta didik dituntut untuk mampu mengoprasikan teknologi dan alat komunikasi yang mendukung berjalannya proses kegiatan pembelajaranberlangsung.


Keywords


Mode Pembelajaran; Flipped Classroom; Faktor Pendukung

Full Text:

PDF

References


Amy Roehl. Sweta Linga dkk, The Flipped Classroom :An Opportunity To Engage Millenial Students Through Active Learning Models, Jurnal Internasional Christian University Of Texas Vol 105. No 2,(July : 2013), 13.

Knewton, Flipped classroom : A New Method of Teaching is Turning The Traditional Classroom on Its head, (New York : Knewton, http://www.knewton.com/flippedclassroom/2011).

Natalie B. Milman, The Flipped Classroom Strategy What is it and can it best be used?. Jurnal Internasional Volume 9, Issue 3 : The George Washington University, (April : 2012), 86.

Direktorat Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Penilaian pada Kondisi Khusus diSMA.

Direktorat Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Belajar dari Rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh di SMA.

Abidin, Zainal. (2007). Analisis Eksistensial. Jakarta: Raja Grafindo. Anitah, Sri. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press. Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Amir, M.T. (2010).Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Mustafa, Sulihin; Mustikaningsih, Hastuti, Imayanti.(2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Kemendikbud

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan.Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tohirin.2013.MetodePenelitianDeskriptifKualitatif.JournalofChemicalInformationandModeling

Ali, Sulalah, Wahidmurni. (2013). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Malang: Maliki Press. Isriwal, P.A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Kompetensi Guru: dalamMewujudkan Generasi

Berkarakter dan Terampil di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (3), 1627-1632 Sagala, S. (2013).Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. Sakti, B. P. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra, 29(101).

Sedana, I. M. (2019). Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 179-189.

Santoso. 2009. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta CV.

Wahyudi, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bergmann Jonathan dan Sams Aaron With April Gudenrath, The Flipped Learning Series Flipped Learning For English Instruction, United States Of America: International Society For Technology In Education, 2015.

Suyahya, Indra. 2014. Efektifitas Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Flipped classroom Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Software Pesona Edu Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sisiwa Di SMP Jakarta.” Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian (20): 86– 92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.