Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Menggunakan Metode Picture and Picture

Nurul Munna Wahyuningsih, Dwi Rahayu Laili Yuliyati, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode picture and picture terhadap siswa kelas IV SD Negeri 2 Greges  Jl. Greges, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sampel dari penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Greges yang berjumlah 16 siswa. Teknik sampling menggunakan total sampling. Berdasarkan hasil analisis data pengukuran hasil pengukuran motivasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata data awal yaitu 63,2 dengan hasil siklus 1 75,3 dengan kategori sedang menjadi 91,2 hasil rata-rata 2 dengan kategori sangat baik untuk pengukuran akhir. Peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa di tes siklus 2 yaitu menunjukkan adanya peningkatan yang sangat cukup baik mengenai proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Picture and picture; motivasi belajar; IPS

Full Text:

PDF

References


Apriliah, D. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Daring Pelajaran Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 10–22. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Ii, B. A. B. (2018). Bina Sarana Informatika,"motivasi" 2018. 7. 20–30.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Assure

dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.

Kurniawan. (2017). Menurut Kurniawan (2017:26). Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 26(9), 1689–1699.

Laili, & Maskhurotul. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Keluargaku Pada Peserta Didik Kelas I Sdn 129 Greges Surabaya. Theory and Practice of Education Education Primary and Secondary Education, 9–23. http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3059

Najrial, N., Sumarno, S., & Trisnawati, F. (n.d.). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar IPS melalui Metode Picture And Picture Kelas IV Sdn 022 Sintong Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Neliti.Com, 1–12. https://www.neliti.com/publications/209062/upaya-peningkatan-motivasi-belajar- ips-melalui-metode-picture-and-picture-kelas

RI No. 43 20Permenkes19. (2019). No Titleس. ペインクリニック学会治療指針2, 2, 1–13. Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, dan Langkah- langkah Penelitian Tindakan Kelas.

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132048521/pengabdian/makalah-ppm-ptk- 2015.pdf

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3857

Syahir, AhmadJainuri, M. (2016). Pembelajaran Konvensional. Matedukasia, III(2), 25–30. https://www.academia.edu/6942550/Pembelajaran_Konvensional. (2017). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.

Taringan, R. M. R. B. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality, 4(80), 4.

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.