Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ketangi

Nindita Dava Aulia, Ajeng Novita Fitriana, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Ketangi menggunakan media Mind Mapping. Penelitian tersebut diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam kemampuan menulis puisi siswa SD Negeri Ketangi yang masih rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Research) dengan subjek yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 32 siswa.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Adapun analisis data dilakukan adalah secara deskriptif. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penggunaan media mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan kemampuan  menulis puisi siswa.


Keywords


kemampuan menulis puisi; media mind mapping

Full Text:

PDF

References


Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Slamet.2008. Dasar- dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Solchan, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahmanto B. 2004. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Jabrohim, Chairil Anwar, dan Sayuti Suminto.2009.Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Burhan Nurgiyantoro. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Rachmat Djoko Pradopo. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

(Tarigan, 2008: 3) - Google Cendekia. (n.d.).Buku pintar mind map untuk anak: agar anak jadi pintar di sekolah

Elita Sekolah Menengah Atas Negeri, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping.

Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik | Permana | PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

SLAMET, S. Y. (2008). Alternatif Pengembangan Kemampuan Berpikir Secara Nalar dan Kreatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. April.

Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Konsepsi, 10(1), 17–27.

Suryaman Pengantar, M. A. (n.d.). APRESIASI KARYA SASTRA DI DALAM KEGIATAN BERSASTRA: Suatu Analisis Materi Bahasa Indonesia untuk Madrasah Aliyah.

Syam, N., & Ramlah, R. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 54 KOTA PAREPARE.

Utomo SMA Negeri, B. (2020). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING.

Widayati, A. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1)

Yarmi, G. (2017). PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.