PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 1 NGILE

Yuni Anjarwati, Dian Nur Antika Hastuti, Dian Permatasari Kusuma Dayu

Abstract


Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik, hal ini SDN 1 Ngile belum menerapkan hal tersebut karena terbatasanya pendidik dalam media yang ada, dan kurang adanya inovasi pendidik dalam mengemas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Audiovisual terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 1 Ngile. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan metode Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 1 Ngile dan IV SDN 2 Ngile, dengan teknik Nonequivalent Control dan desain penelitian Pretest – Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan 20 soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (t-test) yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa pretest diperoleh thitung = 2,001 dan ttabel = 1,697 yang berarti thitung > ttabel H1 diterima, sedangkan posttest diperoleh thitung = 3,991 dan ttabel = 1,697 yang berarti thitung > ttabel maka H1 diterima. Data hasil pretest kelas eksperimen dengan rata – rata 70,75, kelas kontrol dengan rata – rata nilai 70. Sedangkan, data hasil posttest pada kelas eksperimen dengan rata – rata 86 dan kelas kontrol dengan rata – rata nilai 70,42.

Keywords


Media Audiovisual, Pembelajaran tematik;Pengaruh pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Widodo, and Lusi Widayanti. 2014. “Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Jurnal Fisika Indonesia 17(49):32–35. doi: 10.22146/jfi.24410.

Hardani, Ira Kusuma, and Mulyani. 2015. “PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI SEKOLAH DASAR Abstrak.” 03:1094–1103.

Marlina et al; 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran SDMI by Marlina, M.Pd., Dr. Abdul Wahab, M.Si., Susidamaiyanti, M.Pd., Ramadana, M.Pd.I., Siti Zumrotul Nikmah, M.Pd., Sarwo Edy Wibowo, M.Pd., Indianasari, M.Pd., Syaf (z-Lib.Org).Pdf.” 1–217.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” 1(1):128–35.

Ramli, Muhammad. 2012. “Media Teknlogi Pembelajaran.” IAIN Antasari Press 1–3.

Salsabila, Unik Hanifah, Maulida Nurus Sofia, Hilda Putri Seviarica, and Maulida Nurul Hikmah. 2020. “Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 25(2):284–304. doi: 10.24090/insania.v25i2.4221.

Setiyawan, Hery. 2020. “Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V.” Prakarsa Paedagogia 3(2):198–202.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.