Efektivitas Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III

Fadholi Fuad Ashari, Dian Permatasari Kusuma Dayu, Dian Nur Antika Hastuti

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan sebuah program pembelajaran yang di fokuskan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Keterampilan Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi, artikulasi atau beberapa kata yang tersusun menjadi sebuah kalimat untuk mengungkapkan dan menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan pada lawan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media video animasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil dengan cara total sampling yang berjumlah 28 siswa di SDN 01 Klegen. Pengambilan data dilakukan dengan teknik pretes dan postes berupa tes unjuk kerja melalui metode bercerita. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan metode uji prasyarat dan uji hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media video animasi terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


Keterampilan Berbicara;Media Video Animasi;Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Adliani, S., & Wahab, W. S. A. (2019). Pemanfaatan Video untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 141-145). FBS Unimed Press.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190-200.

Asiah, A. (2015). Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 21-35.

Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 166.

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad dan Sakura H. Ridwan. (2011). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Elvira, F. S., Roshayanti, F., & Baedhowi, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 511-521.

Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi metode bercerita dan harga diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404-415.

Ramlah, R., & Nurdin, N. (2020). Penggunaan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melaporkan Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Bayan Kabupaten Lombok Utara. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2).

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.