Analisis kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran CIRC (cooperative integrated,reading,and composition) pada siswa kelas V SDN 1 Serangan

Elviana Ari Wijayanti, Cerianing Putri Pratiwi, Hartini Hartini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran ICRC dengan melihat bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran untuk mengetahui Kemampuan membaca pemahaman. Dalam penelitian ini pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada materi tema 7 sub tema 1 guru menggunakan model CiRC yaitu salah satu model pembelajaran kooperatif terpadu antara membaca dan menulis. Pada kemampuan membaca pemahaman ini dilihat bagaimana siswa mampu menyerap informasi dan memahami isi teks atau bacaan. Siswa kelas V SDN 1 Serangan rata-rata senang membaca meski tidak semua. Beberapa siswa kurang senang membaca faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri .Faktor yang berasal dari dalam diri individu yang merasa sulit karena motivasi dan minat baca yang rendah. Pembelajaran dilakukan oleh guru dengan membentuk siswa menjadi kelompok untuk diskusi terkait memahami isi bacaan lalu mempresentasikannya. siswa untuk memahami bacaan tidak hanya dengan satu kali baca tapi perlu beberapa kali mengulang karena ada beberapa kata asing dan bahasa yang sulit dimengerti.

Keywords


Membaca Pemahaman;Model pembelajaran CIRC

Full Text:

PDF

References


Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 2336–2344.

Abdurahman, F. Z. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Cerita Anak melalui Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Serangan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 273–277.

ASTUTI, Y. (2010). MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION ( CIRC ) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BEJI KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI SKRIPSI Oleh YULIANA ASTUTI NIM K7106049 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

Goldman, Ian. and Pabari, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Siswa Kelas Iv Sdn 22 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021

Siwi, S. (2016) Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dan Koran Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016 Perpustakaan.Uns.Ac.Id Digilib.Uns.Ac.Id. 54.

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51.

Syaripudin, T., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Model Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 15–28. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20526

Siwi, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dan Koran Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016 Perpustakaan.Uns.Ac.Id Digilib.Uns.Ac.Id. 54.

Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406


Refbacks

  • There are currently no refbacks.