Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Menggunakan Metode Cooperative Script

Anisa Sri Anisa Sri, Fatichati Sabila, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperatif Script pada siswa kelas IV SD Negeri Lebak, Dakawu, Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Lebak, yang berjumalah 12 Siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes pilihan ganda. Hasil dari penelitian sebelum menerapkan metode Cooperative Script hasil belajar nilai matematika diperoleh dengan rata-rata 54. Kemudian hasil belajar Matematika setelah menerapkan metode Cooperative Script diperoleh rata-rata nilai pada siklus I 66 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Script dapat dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Cooperative Script dapat memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kegiatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV. Sehingga hal ini menjadi alternative penggunaan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Lebak, Dakawu, Grabag, Magelang.

Keywords


Metode Pembelajaran;Cooperative Script;Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dahliana, Dina, and Remuti Remuti. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Model Cooperative Script Di Kelas IV Sekolah Dasar.” ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 2(1):24–35. doi: 10.37812/zahra.v2i1.186.

Effendi, Ridwan, and Reinita Reinita. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3):1814–19. doi: 10.31004/jptam.v4i3.640.

Firdaus, Muhammad Hasan, and Hidayah Baisa. 2019. “Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ).” Jurnal Mitra Pendidikan 3(4):557–58.

Fizatin Nisa, and Isa Anshori. 2021. “Integrasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kurikulum 2013 Kelas Rendah Di Madrasah Ibtidiyah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1):37–50.

Lestiawan, Fendi, and Arif Bintoro Johan. 2018. “Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan.” Taman Vokasi 6(1):98. doi: 10.30738/jtvok.v6i1.2866.

Luh, Ni, and Putu Ekayani. 2021. “Pentingnya Penggunaan Media Siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (March):1–16.

Mulvey, Charles. 1984. “Wage Policy and Wage Determination in 1983.” Journal of Industrial Relations 26(1):112–19. doi: 10.1177/002218568402600108.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11(1):9–16.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Rasmita, Rasmita, Rosi Kumala Sari, and Wienda Gusta. 2022. “Peningkatan Vocabulary Dan Grammar Bahasa Inggris Model Cooperative Script Pada Siswa Siswi PKBM Gempita Kota Padang.” Indonesia Berdaya 3(1):61–68. doi: 10.47679/ib.2022175.

Rohaeti, Eli. 2018. “Komponen Model Pembelajaran.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosyidi, Dedi. 2020. “Teknik Dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif.” Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah 27(1):1–13. doi: 10.52166/tasyri.v27i1.79.

Swadaya, Universitas, and Gunung Jati. 2017. “Faktor-Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa.” 5(2):76–88.

Syahfutra, Wandi, Syahri Ramadhan, and Yundri Akhyar. 2020. “Metodelogi Penelitian Pendidikan.” 1–74.

Wijaya, Herman, Ramlah H. A. Gani, and Nunung Supratmi. 2022. “Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Selong Tahun Pelajaran 2020 / 2021.” 02(01):120–30.

Zunaidah, Chikmah. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Kognitif Anak Kelompok B Tk Wardah Sambikerep Surabaya Oleh : Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Activities To Enchange Children ’ S Cognitive Abilities At Group B.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.