Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar sebagai Penggerak Literasi Bahasa Di SD Negeri 2 JETIS

Restu Retnaning Gusti, Putri Meita Triana

Abstract


Dari 30 siswa kelas 1 dan kelas 2 di SDN 2 Jetis ada 60% siswa yang belum mengenal huruf dan belum bisa membedakan huruf. Khususnya di kelas rendah, sehingga pada saat pembelajaran berlangsung mereka menjadi tertinggal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Mahasiswa Kampus Mengajar sebagai penggerak literasi bahasa dengan program Pojok Baca di SDN 2 Jetis dan kegiatan jam tambahan. Analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kegiatan literasi bahasa pada Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua disana tidak memasukan putra putri mereka ke PAUD atau TK tetapi langsung di SD. Alasan lainnya guru disana belum teliti dalam mengajari peserta didiknya, media pembelajaran disana tentang literasi pun tidak pernah digunakan. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN 2 Jetis membuat “POJOK BACA” di setiap sudut kelas sebagai sarana literasi untuk menarik siswa dalam membaca dan juga kegiatan jam tambahan. Melalui program ini dinyatakan berhasil karena meningkatkan minat baca siswa terutama di kelas rendah. Mahasiswa Kampus Mengajar 3 bekerjasama dengan bapak ibu guru tentang kegiatan program pojok baca besar harapan kami agar pojok baca ini menjadi   program yang terus menerus di manfaatkan sebagai media pembelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik generasi penerus SDN 2 Jetis.


Keywords


Minat Baca; Literasi; Pojok Baca

Full Text:

PDF

References


-, W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Athi’, M., Rahmah, N. A., & Triristina, N. (2021). Kampus Mengajar: Transformasi Budaya Belajar Siswa Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Di Madura. NiCMa: National Conference Multidisplinary, 1(1), 34–39. http://ejournal.undar.ac.id/index.php/nicma/article/view/313

Basalamah, M. R., & Mohammad Rizal. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3756

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Fadilah, R. (2015). JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

HS, L. (2008). Manajemen Perpustakaan.

Madu, F. J., Jediut, M., & Sennen, E. (2018). Keefektifan Tambahan Jam Pelajaran Pada Siswa Kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 162.

Nandasari, S. P. (2017). Implementasi Literasi Media Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Di Smp Negeri 1 Kediri. Nosi, 5(5), 1–12.

Nugroho, A., Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Sumber. Edueksos, 5(2), 187–206. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=471297&val=9452&title=I MPLEMENTASI GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM POJOK BACA DALAM MATA PELAJARANIPS PADASISWA KELAS VIII DI SMPN 2 SUMBER.

Nugrohoadhi, A. (2015). Pengorganisasian Dokumen dalam Kegiatan Kepustakawanan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3(1). https://doi.org/10.24252/kah.v3i1a1

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Puspitasari, I., Imron, A., & Juharyanto, J. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Kelas pada Jenjang Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 815–824. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p815-824

Rofi’uddin, M. A., & Hermintoyo, H. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di Smp Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 281–290. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23086

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al- bidayah.v10i1.131

Sugiarsih, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan

Dasar Islam, 9(2), 157–168. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.18

Sulastri., Imran., & Firmansyah, A. (2006). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPSdi Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4110

Superman, S., Purmintasari, Y. D., & Agustina, R. (2020). Penguatan Literasi Di Sekolah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 230. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1505

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al- Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Winda Lestari, P. (2020). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membaca di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 106–111. https://doi.or


Refbacks

  • There are currently no refbacks.