Upaya Peningkatan Literasi Membaca Melalui Metode Jigsaw Berbantuan Media Card Sort Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Rizki Anggita Hayu Damayati, Dian Permatasari Kusuma Dayu, Liya Atika Anggrasari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode jigsaw dengan bantuan media card sort dalam meningkatkan literasi membaca pada siswa kelas 3 di SDN I Kunti. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN I Kunti sebanyak 25 anak. Jenis penelitian menggunakan tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 64,64 dan siklus 2 sebesar 72,24 sedangkan siklus 3 sebesar 77,12. Kenaikan ini disebabkan peserta didik tertarik dengan metode jigsaw dengan bantuan card sort dan peserta didik lebih memahami dan mengerti materi yang diajarkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca. (2) Indikator hasil belajar siswa pada siklus I adalah 56%, siklus 2 adalah 72%, dan siklus 3 adalah 84%. Hasil menunjukkan ada peningkatan prosentase hasil siswa dalam meningkatkan literasi membaca menggunakan metode jigsaw dengan bantuan card sort siswa di SDN I Kunti.


Keywords


Literasi Membaca; Metode Jigsaw; Media Card Sort

Full Text:

PDF

References


Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS II KUTA UTARA. 3(2).

Arrasyid, A. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Sikap Sosial. International Journal of Elementary Education, 2(2), 101. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411

Dinar, R., & Yunaika, W. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca Melalui Teknik Jigsaw.

HUDA, A. N. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dalam proses pembelajarannya siswa dikelompokkan dan setiap siswa bertanggungjawab atas materi yang ditugaskan guru , dan siswa kepada anggota lain dalam kelompoknya. 1–14.

Lonigan, C. J. (2006). Development, Assessment, and Promotion of Preliteracy Skills. 17(1), 91– 114.

Mahardika, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Metode Tamyiz.

Ni Made Rusniasa, Nyoman Dantes, & Ni Ketut Suarni. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri I Penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.258

Wilson, S. N. & Lonigan, C. J. (2009). An evaluation of two emergent literacy screening tools for preschool children. Annual of Dyslexia.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.