Penerapan Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas 2 SDN Balerejo Kabupaten Magetan

Desy Cahyanda Fitri Wibisono, Raras Setyo Retno, Candra Dewi

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu kegiatan saling berinteraksi antara siswa dan guru, untuk mencapai tujuan belajar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil terknologi dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio-visual untuk meningkatkan hasil belajar tematik kelas 2 SDN Balerejo.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan dua siklus. Pada penelitian ini menggunakan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Balerejo yang berjumlah 4 orang yang memiliki nilai dibawah KKM. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), silabus, observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi teknik dan Miles Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Balerejo Kabupaten Magetan, ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata pada hasil tes siklus 1 semula 73 meningkat menjadi 79 dan persentase ketuntasan hasil belajar yang semula 69 % menjadi 77 %, sedangkan pada hasil tes siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 88 dan persentase ketuntasan hasil belajar menjadi 100%..

Keywords


Hasil Belajar, Media Audio-Visual, Siswa Kelas 2

Full Text:

PDF

References


Angreni, D. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 16 Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(3), 10–20. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Fitria, A. (n.d.). Ayu Fitria : Penggunaan Media Audio Visual PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI.

Linawati, Zainuddin, & Suryani. (2013). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7), 1–8.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Tafonao Program Studi Pendidikan Agama Kristen, T., & KADESI Yogyakarta, S. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.