Penerapan Media Lidi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Nisrina Oktaviani, Dafrinawati Dafrinawati, Enita Slamet, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 sekolah dasar melalui penerapan media lidi di SD Negeri Sutopati 3 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan metode yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa kelas 2 sekolah dasar, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yaitu data kuantitatif deskriptif berupa skor hasil belajar siswa. Adapun hasilnya pada data awal sebelum adanya tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 29, kemudian pada siklus I rata-ratanya yaitu 38. Pada siklus II dengan menggunakan media yang sama diperoleh rata-rata yaitu  63,5.  Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar dari pra-tindakan, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan, dengan masing-masing persentasenya ketuntasan pada pra-tindakan 0%. Siklus I 38%, Siklus II 63,5%. Peningkatan dari pra-tindakan ke siklus I 38%, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25,5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan media lidi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD pada pembelajaran Matematika.


Keywords


Media Lidi;Hasil Belajar;Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Bahalia, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Media Lidi Pada Kelas IV Semester Genap SDN Pembina Tataba Tahun Pelajaran 2019/2020. Mitra Pendidikan : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 42–54.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Maflikha. (2016). Media Pembelajaran Berhitung Kelas I SD. 3(July), 1–23.

Nurmalis. (2015). Implementasi Penggunaan Alat Peraga Lidi Perkalian Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 05 Nan Sabaris. Jurnal Educatio, 1(1), 68–75. http://jurnal.iicet.org

Thef, A. A. (2022). Penggunaan Alat Peraga Potongan Lidi pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDK Puubheto. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, 7(1), 7–11.

Toruan, N. L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Potongan Lidi. Jurnal Global Edukasi, 4(4). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/595%0Ahttp://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/download/595/532

Widiastuti, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Zuhri, M. (2020). Penggunaan Media Lidi untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa pada Materi Penjumlahan Bilangan Bulat. Media Nusantara, 99–107. https://ejournal.pcpergunukraksaan.org/index.php/pcpergunu/article/view/79%0Ahttps://ejournal.pcpergunukraksaan.org/index.php/pcpergunu/article/download/79/34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.