Penggunaan media batang napier untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa sekolah dasar

Futhoirotul Ufaiwiyah, Afdila Adisa Putri, Afifah Zahra Arinda Ramadhanti, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Negeri Sriwedari 1 dengan menggunakan media Batang Napier. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SD Negeri Sriwedari 1. Objek penelitian ini adalah kemampuan berhitung siswa pada operasi perkalian. Data dikumpulkan melalui tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data awal diperoleh rata-rata kelas sebesar 51. Pada siklus I terjadi peningkatan di mana rata-rata kelas diperoleh sebanyak 73,5 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 30. Terdapat 13 siswa dari 20 siswa yang mendapat nilai tuntas KKM dengan presentase ketuntasan belajar 65%. Pada siklus II terjadi peningkatan  di mana rata-rata keals diperoleh sebanyak 84,5 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Siswa  yang mendapat nilai tuntas KKM sebanyak 16 siswa dengan presentase ketuntasan mencapai 80%. Pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung siswa pada operasi perkalian. Disimpulkan bahwa penggunaan media Batang Napier dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi perkalian.


Keywords


Batang Napier;Kemampuan Berhitung; Kemampuan Matematis

Full Text:

PDF

References


Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & YP, S. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88–96.

Hartono, W., & Samiadi, N. N. (2008). Urgensi Pembelajaran Perkalian Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia pada Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4(1), 17–26.

Juli, V. N., Hasibuan, R. H., Syamsiah, Z., Syekh, S., Halim, H. A., Binjai, H. A., & Kunci, K. (2021). Media Tabuka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Informasi Artikel Riwayat Artikel : Institut Agama Islam Negeri Langsa Keywords : bantuan dari orang dewasa yang ada dilingkungannya . Bantuan yang dapat membantu dalam tumbuh berbagai pot. 3. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.946

Malalina, R. dan. (2019). Penggunaan Batang Napier Operasi Perkalian dan Pembagian untuk Mengetahui Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3, 27–37.

Merdja, J., & Pendy, A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Batang Napier Dalam Operasi Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Gmit Ende 4. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 593–601. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.271

Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66

Putri, P. O. (2019). Pemanfaatan Alat Peraga Batang Napier Dalam Pembelajaran Operasi Perkalian Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Academy of Education Journal, 10(01), 34–43. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.269

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.35970/madani.v2i2.148

Siti Khayroiyah, Sukmawarti, & Desniarti. (2022). PENERAPAN BATANG NAPIER DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PBL. Prosiding Hasil Seminar Penelitian “Hilirisasi Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menuju Universitas International Yang Humanis, Mandiri Dan Islami.

Supardi. (2018). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI INTERAKSI TES FORMATIF URAIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL. Jurnal Formatif, 3(2), 78–96. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/download/913/738

Supiarmo, M. G., Azizah, S., Putrawangsa, S., & Sujarwo, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis PMR pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 277–284.

Syamsudin, & Supriyanto, A. (2018). The Concept of Individual Learning Plan. The 8th University Research Colloquium 2018: Universitas Muhammadiyah Purwokerto, November, 160–165. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/425

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Yulia Tri Mawati, M. Muzakki, & A. P. (2022). Matematika Menggunakan Media Batang Napier Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40–59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.