Efektifitas Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Nidya Anscalia Azka, Luluk Munirrahayu, Hanif Restu Panuntun, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode cooperative script dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa di SD N Butuh 2 Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Data yang diperoleh yaitu berasal dari siswa kelas 4 di SDN Butuh 2. Penelitian ini menggunakan 15 partisipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode cooperative script efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang meningkat pada siklus II. Terdapat 80% ketuntasan dengan rata-rata kelas meningkat menjadi 74,67. Sedangkan pada siklus I terdapat 40 presentase ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 62,47. Penyebab nilai rata-rata kelas yang rendah yaitu kuangnya pemahaman siswa mengenai materi matematik yang diberikan oleh guru, selain itu pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat hasil yang diperoleh siswa tidak maksimal.

Keywords


Pembelajaran;Cooperative Script;Hasil belajar;Matematika

Full Text:

PDF

References


Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247–264.

Aprilia, A., & Fitriana, N. D. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elementary Education, 1(2), 28–40. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/ind ex%0A

Fathurrahman, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Sekolah Menengan Atas. Qalam: Jurnal Ilmu Pendidikan, V(1), 2016.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602

Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521

Hasmi, L., Sari Dewi Pohan, R., Abdi Pendidikan Payakumbuh, S., & Muhammadiyah Sumatera Barat, U. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. KIBASP (Kajian Bahasa,Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 52.

Lindawati, & Wahyudin, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Widya Accarya, 11(1), 17–23. https://doi.org/10.46650/wa.11.1.828.17-23

Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349

Nande, M., Banda, Y. M., & Mbaru, Y. (2021). Penerapan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan Model Pembelajaran Cooperative Script. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.319

Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di Sman 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Rusydiana, D. (2021). Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan hasil Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 683–691. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562053

Susiloyoga. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menentukan Peluang Suatu Kejadian Dengan Model Pembelajaran Kooperative Script Pada Siswa Kelas Xi-Ipa 3 Sma Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2010 / 2011. 2(April), 65–76.

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.

Tito Pariatno, Sadtyadi, H., & Walyono. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (Studi Kasus Di SMA Bhakti Karya Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung). Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 7(2), 74–88. https://doi.org/10.53565/pssa.v7i2.317


Refbacks

  • There are currently no refbacks.