PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Thereza Juwita Eka Putri, Candra Dewi, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Pengembangan media interaktif berbasisarticulate storylinepada pembelajaran tematik
untuk kelas 4 Sekolah Dasar dimulai dengan tahap analisis. Berdasarkan hasil analisis dinyatakan
bahwa terdapat permasalahan berupa kurangnya pemahaman siswa pada materi Tema 8 Subtema 1
sehingga proses pembelajaran memerlukan inovasi khususnya pada media pembelajaran. Maka,
diperlukan suatu pengembangan media pembelajaran berupa pengembangan media interaktif yang
dapat membantu siswa memahami materi khususnya. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan
untuk menghasilkan produk berupa media interaktif berbasisarticultae storylinepada pembelajaran
tematik di kelas 4 Sekolah Dasar yang teruji kelayakannya dari para ahli dan praktisi serta
kepraktisannya dari respon guru dan peserta didik terhadap media interaktif. Model yang digunakan
dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE (analyze, design,
development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi.Hasil validasi pengembangan media interaktif berbasis
articulate storylinedari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan praktisi lapangan diperoleh skor
keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria”sangat valid”. Sedangkan hasil uji coba media interaktif
terhadap guru mendapat skor 78% dengan kriteria”menarik” dan hasil uji coba terhadap peserta
didik mendapat skor 98% dengan kriteria” sangat menarik”. Jadimedia interaktif berbasis articulate
storylinepadapembelajarantematikdinyatakanlayakdanpraktisuntukdigunakandalam
pembelajaran

Keywords


Media interaktif, Articulate storyline, Pengembangan, Media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akbar,S.(2017).Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung:PT Remaja

Rosdakarya Offset

Alshareef, F. (2018). The Importance of Using Mobile Learning in Supporting

Teaching and Learning of English Laguage in the Secondary Stage. Journal of

Education. 9(15);71-88.

Amiroh.(2020).Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta:

Pustaka Ananda Srva.

Ardika,T.(2018).Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis

Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri.(Doctoral Dissertation, UIN Raden

Intan Lampung,2018).Diakes dari

http://repository.radenintan.ac.id/5374/1/SKRIPSI%20FIX.pdf

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media Pembelajaran

Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21

Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah

Ibtidaiyah. 4(2);193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Ayu Ketut Sinta, N., Gede Astawan, I., & Made Suarjana, I. (2021). Belajar Subtema 3

Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis

Articulate Storyline 3. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9(2);211–219.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa:

Islamic Education Journal, 3(1);35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dharma, E., Betty Sihombing & Sherly (2020). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN

LITERATUR. Konferensi Nasional Pendidikan 1

Friantona Nasution, M., & Darwis, U. ((2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV SD

Negeri 068070 Medan Denai. Edu Global: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1);45-54.

Herawati.(2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber

Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1);28-36

Hidayah, Nurul.(2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 2(1);34-49.

Kadir, Abdul & Hanun Asrohah.(2015).Pembelajaran Tematik .Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Karo-Karo, Isyan Rasyid & Rohani.(2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran.

AXIOM. 1(1);91-96.

Komang, I., Karisma, E., Gede Margunayasa, I., Amita, P., & Prasasti, T. (2020). Media

Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI

Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2);121–130.

Mulyatiningsih,Endang.(2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-

mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.

Rohmanurmerta, Fauzatul Ma’rufah & Candra Dewi.(2019).Pengembangan Komik

Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran

Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar.MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman.

(2);100-109.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA

Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2);237–

https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate

Storyline Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel.

Jurnal Ilmiah Pendidikan. 5(1);19–25.

http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

Tegeh I M & Kirna I M.Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan

Dengan ADDIE Model. 12-26 ; 1829-5282.

UUD RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat

Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Widoyoko,E.(2020).Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar di SMK

Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(3);845-849.

Zakariah,M.A & Vivi Afriani.(2020).Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif,

Action Research, Research and Development. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al

Mawwadah Warahmah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.