Implementasi pembelajaran tematik berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi

Siti Hidayah, Ibadullah Malawi, Apri Kartikasari HS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SDN Sidorejo 04 telah melaksanakan pembelajaran tematik yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, hal tersebut dibuktikan bahwa dalam pembelajaran, guru melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan berbagai teknik, model, dan metode pembelajaran. Selain itu, guru juga mennggunakan media pembelajaran berupa benda konkret yang ada di sekitar sekolah, sehingga siswa mudah untuk memahami pelajaran yang sedang dipelajarinya, guru juga menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.


Keywords


Keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Emawati. (2020). Innovations of Indonesian Language and Literature Learning in the Era of Society 5.0. SEBASA: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 9–18.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). PT Remaja Rosdakarya.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Nahak, K. E. N., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2019). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 785. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12527

Rosyida, U. F. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SD. Elementary, 7, 323–336.

Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik, 04(01), 81–93.

Syudirman, S., & Saputra, A. (2020). Konsep Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Tematik di SD/MI. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 133–143. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.557


Refbacks

  • There are currently no refbacks.