Pengaruh Model Pembelajaran CIRC dengan media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa SD

Eva Purika Mukholifah, Diyan Marlina, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada hasil belajar Tematik antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model CIRC berbantu Mind Mapping dengan siswa yang dibelajarkan melalui model TPS. Metode penelitian disini ialah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu atau Quasi Experimental Design. Mempergunakan design Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V MIN se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo dengan siswa yang berjumlah 175 siswa dengan Sampel yang diambil sebanyak 29 siswa berdasarkan dari siswa kelas VA dan 29 siswa berdasarkan dari kelas VB. Teknik pengambilan sampel mempergunakan probability sampling dengan simple random sampling. Pada penelitian ini mempergunakan soal tes uraian sebagai instrumennya. Hasil penelitian dengan independent sample t-test membuktikan bahwa Thitung = 4,447 dan Ttabel = 2,000 dimana Thitung lebih besar dari Ttabel (4,447 > 2,000) sehingga, penolakan terhadap H0dan penerimaan terhadap H1. Jadi, kesimpulannya penerapan model CIRC dengan media mind mapping mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa.  


Keywords


Model CIRC, Mind Mapping, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 4(26), 581–586.

Ayal, C. S., Kesuma, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2016). The Enhancement of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students by Applying Mind Mapping Strategy. Journal of Education and Practice, 7(25), 50–58.

Darusman, R. (2014). Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa smp. 3(2), 164–173.

Halimah, A. (2014). Metode cooperative integrated reading and composition (circ) dalam pembelajaran membaca dan menulis di sd/mi. 36, 27–35.

Junita, wardani, krisma widi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran STAD dan CIRC terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V SD Gugus Joko Tingkir pada. 11–17.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode Circ ( Cooperative Integrated Reading And Composition ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. III(I), 23–34.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171–187.

Shobirin, M. S., & Wafiroh, M. (2021). Application of The Circ Learning Model to Improve Student ’ s Reading and Writing Skills in The Yellow Kitab Subject. 1(2), 84–87.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA POSDAKARYA.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1

Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136.

Wirandari, N. G. A. M., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Circular Card Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 55–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24780


Refbacks

  • There are currently no refbacks.