Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Sarifatus Sania, Meylia Hindarwarti, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas III SD Qur’an Anwarul Mukhlasin yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data berupa tes pilihan ganda 10 soal. Teknis analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menganalisis dalam bentuk angka yang diperoleh siswa dari hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2. Adapun hasil dari penelitian ini data awal 60,93, sedangkan pada siklus 1 rata-rata 66,56 dan pada siklus 2 76,87 Dengan demikian, hasil penelitian yang digunakan dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi perkalian.


Keywords


Matematika, Discovery Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


(Ana 2018)Ambo, Wa, Muhammad Yasin, and La Ili. n.d. “Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS III SD NEGERI 2 BARANGKA.”

Ana, Nabila Yuli. 2018. “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 2(1). doi: 10.23887/JIPP.V2I1.13851.

Anon. n.d. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning | Burais | Jurnal Didaktik Matematika.” Retrieved July 13, 2022 (http://e-repository.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4639).

Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran Sdn Tanggul Wetan, Pokok DI, and Kecamatan TANGGUL KABUPATEN JEMBER Bambang Supriyanto. n.d. “PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI B MATA PELAJARAN MATEMATIKA.”

Lestari, Witri. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 2(1). doi: 10.30998/SAP.V2I1.1724.

Puspitasari, Yesi, and Siti Nurhayati. 2019. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 7(1):93–108. doi: 10.47668/PKWU.V7I1.20.

Rahayu, Iin Puji, Stefanus Christian Relmasira, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2019. “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tematik.” Journal of Education Action Research 3(3):193–200. doi: 10.23887/JEAR.V3I3.17369.

Rahayu, Ratih Dwi Yulianti, Mawardi Mawardi, and Suhandi Astuti. 2019. “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 4(1):8–13. doi: 10.26737/JPDI.V4I1.927.

Unars, Z. Fajri-Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd), and undefined 2019. n.d. “Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD.” Ojs.Unars.Ac.Id.

Zaini, H., … D. Darmawan-TEKNOLOGI, and undefined 2019. 2019. “Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Logika Matematika.” Journal.Institutpendidikan.Ac.Id 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.