Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SD

Mimin Triyas Wati, Fida Rahmantika Hadi, Diyan Marlina

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL terhadap kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode eksperimen. Desainnya menggunakan Quasi Eksperimental dengan jenis nonequivalent control group design. Populasinya keseluruhan siswa se-Kecamatan Taman kelas IV Kota Madiun dengan jumlah 990 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV A dengan total 27 siswa dan kelas IV B 27 siswa. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan simple random sampling. Instrumen berupa soal tes uraian. Hasil penelitian dengan independent sample t test membuktikan bahwa Thitung = 2,835 dan Ttabel = 2,007 dimana Thitung lebih besar dari Ttabel (2,835 > 2,007) jadi,, H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya penerapan model PBL efektif terhadap kemampuan kognitif siswa SD.

Keywords


Model pembelajaran; PBL; Kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Gd. Gunantara. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model PBL Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005

Hikmawati, N. (2018). Analisa Kesiapan Kognitif Siswa Sd/Mi. Kariman, 06(01), 109–128.

Lestari, K. E. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Pamungkas, A. S., & Yuhana, Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. 9(2), 177–182. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.995

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://bit.ly/2MXn3xs


Refbacks

  • There are currently no refbacks.