Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Kartu Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SD

Evi Apriani Purba, Asnita Hasibuan, Bogor Lumban Raja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media berbasis kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD Swasta Yaspi Ar-Ridha Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Ar-Ridha Medan yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan boring sampling dan sampel sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media berbasis kartu bilangan termasuk kategori baik dengan rata-rata 78,93. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung < Ltabel yaitu 0,095> 0,161 berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal. Pada pengujian korelasi, nilai koefisien sebesar 0,799 artinya r hitung>r tabel 0,361 maka terdapat pengaruh yang kuat antara media kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan senilai di kelas IV SD Swasta Yaspi Ar-Ridha Medan. Hasil pengujian uji-t dimana thitung>ttabel yaitu 7,026>1,701 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh media pembelajaran berbasis kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD Swasta Yaspi Ar-Ridha Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022.


Keywords


Media Pembelajaran; Kartu Bilangan

Full Text:

PDF

References


Amri. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta.: PT. Prestasi Pustaka raya.

Arikunto. 2020a. Prosedur Penelitian. Jakarta.: PT RINEKA CIPTA.

———. 2020b. Prosedur Penelitian. 14th ed. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Ariyanti, Romaisa, Elya Rosalina, and Tio Gusti Satria. 2021. “Pengembangan Media Smart Board Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III SD.” Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(3): 88–94.

Ariyati, Tatik. 2014. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR.

Astriany Guru, Nur, Sekolah Dasar, Marga Mulya, and Bekasi Utara. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MIND MAP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BEKASI UTARA.

Djmarah. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI KALUARRANG KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Jurusan Pendidikan.

Gerak, Organ et al. 2020. “Gambar 1 . 1 Kerangka Berpikir Proses Belajar Mengajar Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition ( AIR ) Guru Merancang Program Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition ( AIR ) Melibatkan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa Siswa Memiliki : Kemampuan Berpikir Kognitif , Afektif Dan Psikomotorik Mampu Memecahkan Masalah.” 4(4): 25–32.

Guru, Pendidikan, Sekolah Dasar, and Juril Aquinas. 2019. “Pendidikan Guru Sekolah Dasar Juril AQUINAS.” (1): 22–43.

Hamzah, and Muhlisrarini. 2019. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hudojo. 2016. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: universitas negeri malang.

Jauhari Faruq Gedung Pascasarjana IAIN Jember Jl Mataram Nomor, Dukan, and Dukan Jauhari Faruq. 2018. “Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan.” Indonesian Journal of Islamic Teaching.

Kemampuan, Perbedaaan, Pemecahan Masalah, and D A N Berpikir. 2019. “Vol. VIII No. 2 Juli-Desember 2019.” VIII(2).

kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2018. Senang Belajar Matematika. Jakarta.: pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, kemendikbud.

Khairani. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mansur Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nurdin. 2015. 3 Lantanida Journal PENCAPAIAN HASIL BELAJAR DITINJAU DARI SIKAP BELAJAR MAHASISWA.

Masitoh, Itoh, and Sufyani Prabawanto. 2016. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 7(2): 186.

Media, Pengaruh et al. 2019. 6 All rights reserved PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Muhibbin Syah. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta.: PT RajaGrafindo Persada.

Mulyaningtyas, Rahmawati, and Uswatun Khasanah. 2021. “MEDIA CICI DRAMA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA KELAS VIII.” Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 01: 222–43.

Najoan, Roeth, and Katrina Siwi. 2021. “PENGARUH MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN TOMOHON TIMUR.” Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1). http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimary.

Nurfadhilah, Septy et al. 2021. 3 EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN MANFAATNYA DI SEKOLAH DASAR SWASTA PLUS AR-RAHMANIYAH. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putra, Dian Pramana. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D.” Jurnal Literasi Digital 1(2). https://doi.org/10.30605/jld.1.2.2021.17.

Quratul Ain, Siti, and Dea Mustika. 2021. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Kepada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Adidas 2(5). http://abdidas.org/index.php/abdidas:https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.427.

Rasyid Karo-Karo, Isran S, Dosen Tetap Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, Dosen Tetap Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN-SU Medan, and Jl V Willem Iskandar Pasar Medan Estate. MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh.

Riset, Jurnal, Pendidikan Dasar, and Sidima Gea. 2021. “Juridikdas Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas I SD Negeri 078014 Safusi.” 4(1): 10–17.

Saputri, Juli Pratama, Jl Agatis Balandai, and Kota Palopo. 2018. 1 PiGGIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN PADA KELAS V DI SDN 24 TEMMALEBBA KEC. BARA KOTA PALOPO. http://ejournal-iainpalopo.ac.id/PiJIES.

Silaban, Patri Janson, and Asnita Hasibuan. 2021. “Hubungan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cat Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa.” Jurnal Ilmiah Aquinas 4(1): 48–59.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. JAKARTA: PT RINEKA CIPTA.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv.

Sundayana. 2020. Media Dan Alat Peraga Dalam Matematika. Bandung: ALFABETA, cv.

Suwardi, Dana Ratifi. 2012. EEA1 (2) (2012) Economic Education Analysis Journal FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR AYAT JURNAL PENYESUAIAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.

Winataputra, Udin S. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.

Zakaria Ansori, Yoyo. 2019. “Media Publikasi Pada Bidang Pendidikan Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 5(2): 112. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/1370/1250.

https://text-id.123dok.com/document/nq7lr7ddy-kelebihan-media-kartu-bilangan-bagi-anak-tunagrahita-kelemahan-media-kartu-bilangan-bagi-aak-tunagrahita.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.