Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Uswatun Khasanah, M. Soeprijadi Djoko Laksana, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode sosiodrama dalam keterampilan berbicara bahasa indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Design. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari kelas VA dan VB dengan masing-masing berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes tindakan (performance)untuk mengukur keterampilan berbicara siswa pada saat pretest dan posttest di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu 66,59 dan posttest67,95, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest58,64 dan posttest 74,55. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan rata-ratapembelajaran menggunakan metode konvensional dan metode sosiodrama. Selanjutnya data di uji normalitas, yang diperoleh hasil 0,462 > 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh hasil0,854 > 0,05 sehingga data tersebut memiliki variansi yang sama. Hasil uji hipotesis menunjukkan sig (2 tailed) 0,023 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalahmetode sosiodrama efektif digunakan dalam keterampilan berbicara bahasa indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar.


Keywords


Berbicara; Keterampilan berbicara; Metode sosiodrama

Full Text:

PDF

References


Ekaningtyas, D. P. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama. Jurnal Paedagogie, 13(2), 71–76.

Elviana, P. S. O., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran PKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 33–50.

Halidjah, S. (2012). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 259–268.

Herlita, A., Halidjah, S., & Sabri, T. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 1–13.

Hidayah, N., Wachid, A., & Ningsih, T. (2021). Penerapan metode sosiodrama dalam keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa indonesia di MI Muhammadiyah Sinduraja. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(3), 450–454.

Nurjamal, D., Sumirat, W., & Darwis, R. (2014). Terampil Berbahasa. Cetakan ke 5. Bandung: Alfabeta.

Putri, R. F., & Putri, R. F. (2018). Keterampilan berbicara mahasiswa dengan integrasi media screencast o matic dengan pembelajaran inkuiri. Wahana Inovasi, 7(2), 15–22.

Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas metode sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa biologi. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 1–6.

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Pena, 3(1), 67–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.