Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction (ARIAS) di SD Muhammadiyah Kaliabu

Nur Oktafiana, Puput Andini, Agustin Sri Putri Utami, Fatima Az Zahra, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Kaliabu. Subjek penelitian tersebut adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Kaliabu. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Kaliabu. hasil yang diperoleh yaitu sebanyak pada indikator ketekunan dalam belajar diketahui bahwa sebanyak 18,74  % siswa memiliki motivasi belajar kategori tinggi, sebanyak 78,12  % siswa memiliki motivasi belajar kategori sedang, sebanyak 21,88 % siswa memiliki motivasi belajar kategori rendah. Lalu pada indikator keuletan dalam menghadapi kesulitan belajar diketahui bahwa sebanyak 3,12  % siswa memiliki motivasi belajar tinggi, sebanyak 46,88 % siswa memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 50,00% siswa memiliki motivasi belajar rendah. Sedangkan pada indikator minat dan ketajaman perhatian dalam belajar diketahui sebanyak 40,62 % siswa memiliki motivasi belajar tinggi, sebanyak 59,38 % siswa memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 53,12 % siswa memiliki motivasi belajar yang rendah.

Keywords


ARIAS; Hail Belajar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Uno, Hamzah & Koni. (2012). Assessment Pembelajaran.Ja-karta : PT. Bumi Aksara.

Keller, John M . (1987). Development and Use of the ARCS Model of Motivational Design.Department of Educational Re-search, 10 (3), 1-10. Diperoleh 22 Januari 2017, dari http:// ocw.metu.edu.tr/pluginfile. php/8620/mod_resource/c ontent/1/Keller%20Develo pment%20%20Use%20of %20ARCS.pdf

Feng, Sung Lin dan Hsiao Lin Tuan. (2005). Using ARCS Model to Promote 11th Grader’s Motivation and Achiemenet in Learning About Acids and Bases. International Journal of Science and Mathematics Edu-cation, 3, 463–484. Diperoleh 22 Januari 2017, dari http:// moscow .scihub.bz/3300- ffedd6c665b3cb513548c7c ec18-5/10.1007%4 0s107- 63-004-6-828-7.pdf

Rahman, Muhhamad & Sofan Amri. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction Terintegratif dalam Teori dan Praktek untuk Penunjang Penerapan Kurikulum 2013: Prestasi Pustaka

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakar-ta: UNS Press.

Moleong, Lexy J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi & Cepi Safruddin. (2004). Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta : PT. Bumi Aksa-ra.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.