IMPLEMENTASI STANDAR ISI, STANDAR PROSES, STANDAR SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SDN ORO-ORO OMBO KOTA MADIUN

Fita Khoirotul Faiqoh, Fenta Noviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Standar Proses yang ada di dalam sekolah. Mendeskripsikan Standar Sarana dan Prasarana yang ada. Lalu dapat mendeskripsikan Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pendidikan Di SDN Oro-Oro Ombo Kota Madiun. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dengan hasil: 1. Implementasi Standar Isi yang diterapkan di sekolah Dasar sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BSNP. Dalam penyusunan Standar Isi kurikulum pada sekolah tidak lepas dari Kepala Dinas; 2. Standar proses yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang ada di SDN Oro-Oro Ombo sudah dilakukan  dengan baik. Hanya saja dalam proses pembelajaran antara guru satu dengan guru yang lain itu berbeda; 3. Standar Sarana dan Prasarana yang dilaksanakan di SDN Oro-Oro Ombo Kota Madiun telah di implementasikan sudah cukup baik dan fasilitas yang ada di Sekolah tersebut sudah dapat dikatakan lengkap tetapi masih ada Sarana dan Prasarana yang belum digunakan secara baik dan benar; 4. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah diawali dengan pemetaan SDM guru hal ini dilakukan untuk pemilihan guru mana yang lebih cocok guru yang dipilih untuk mengisi kelas tinggi dan yang cocok di kelas bawah.

 


Keywords


Implementasi, Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Kualitas Pendidik

Full Text:

PDF

References


Cahyono E,L., Budiwibowo, S., Murwani, J . (2015). “Analisi Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun”, Jurnal Akuntansi dan pendidikan, 4(2), 102-103

Damarik, J. (2015). “Upaya dan Strategi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan”, Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(3), 158

Ikhwan, W, K. (2015). “Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Sebagai Standar Mutu Pendidikan MTS Negeri Di Kabupaten Tulungagung”, Jurnal Pendidikan, 4(2), 19-20.

Jamal,S. (2017). “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri 22 Banda Aceh”, Jurnal Dedikasi Pendidikan, 1(2), 246-249.

Listiyaningrum, Arina. (2016). “Akuntabilitas Implementasi Standar Proses Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Standar Penilaian di Sekolah Dasar Negeri Purwobinangun Kabupaten Sleman”, Jurnal Pendidikan, 3(5), 308-311.

Mulyasa. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa. (2015). Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munirah. (2015). “Sistem Pendidikan Di Indonesia Antara Keinginan dan Realita”, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 244.

Musyaddad, K. (2013). “Problematika Pendidikan Di Indonesia”, Jurnal Pendidikan, 4, 56.

Nasyirwan. (2015). “Pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan”, Jurnal Pendidikan, 9, 375.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., Hermanto. (2012). “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah”, Jurnal Sosial, 5(2), 216.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.