Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal

Sukma Sintya Dewi, Fida Chasanatun, Lingga Nico Pradana

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berfokus dalam penerapan problem based learning berbantuan video pembelajaran. Tujuan penelitian untuk  meningkatkan kemampuan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal bangun ruang. Metode yang digunakan adalah metode dengan subjek siswa sekolah dasar kelas V berjumlah 20 siswa di SDN Gebyog Karangrejo Magetan, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Lembar Kerja Peserta Didik dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal bangun ruang kelas V SDN Gebyog Karangrejo Magetan dalam pembelajaran problem based learning berbantuan video pembelajaran  dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Hal tersebut dilihat dari hasil penelitian dengan meningkatnya hasil nilai dari penyelesaian soal setiap pra siklus hingga siklus II hingga memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan.


Keywords


PBL; Video Pembelajaran; Penyelesaian soal

Full Text:

PDF

References


Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.

Kusnadi, H. K., Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 1–8. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/307

Nugroho, W. (2021). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 211. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12259

Prasetya Rini, A. D., Hussen, S., Hidayati, H., & Muttaqien, A. (2021). Symbol Sense of Mathematics Students in Solving Algebra Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012114

Setiana, F., Rahayu, T. S., & , W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sd. In Jurnal Karya Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14

Solaikhah, Afifah, D. S. N., & Suroto. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 97–106.

Sujiwo, D. A. C. (2017). Bimbingan Belajar Matematika Pada Siswa Sd Desa Kalidilem Lumajang. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 41. https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.975

Vannisa A. M., & Nyoman S. D. K,. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kraton-Kencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/download/2383/1435

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650


Refbacks

  • There are currently no refbacks.