Meningkatkan Kepercayaan Diri dengan Metode Bercerita pada Siswa MI Muhammadiyah 2 Rambeanak

Harwin Dwi Lestari, Sintia Amanda Rahayu, Rifda Salwa A Iyanita, Umy Khafifah, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan percaya diri anak melalui metode bercerita pada siswa sekolah dasar di MI Muhammadiyah 2 Rambeanak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah model penelitian yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah 2 Rambeanak Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah seluruh siswa yang dijadikan Author Surname 2 subjek dalam penelitian adalah 10 siswa kelas 5 yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Adapun instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah angket. Hasil analisa data menunjukkan bahwa rata – rata aktivitas peningkatan percaya diri anak pada siklus satu yaitu sebesar 70,7 dan pada siklus kedua diperoleh rata-rata 78,5 artinya bahwa metode bercerita untuk meningkatkan percaya diri siswa yang dilakukan pada siklus dua mengalami peningkatan.


Keywords


percaya diri; metode bercerita; keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

References


Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2019). Pusat pengembangan kepercayaan diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695-1704.

Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 2(1), 7-11.

Dewi, D. M., Supriyo, S., & Suharso, S. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4).

Kemendikbud. (2014). Indikator Percaya Diri.

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Masnur Muslich, M. (2012). Pelaksanaan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Ningsih, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

Puspitarini, Henny. (2013). Membangun Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rahayu, Aprianti Yofita. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT. Indeks.

Setiawan, Pongky. (2014). Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. Yogyakarta: Parasmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.