Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 di SDN 01 Manisrejo

Pipin Dwi Saputri, M. Soepriyadi Djoko Laksana, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang tidak dapat disampaikan guru melalui kata-kata dalam kegiatan belajar-mengajar agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami fakta, konsep dan prinsip tertentu yang disampaikan oleh guru agar tampak lebih nyata. Media ular tangga merupakan sebuah media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan permainan tradisional. Media permainan ular tangga ini disesuaikan dengan karakteristik siswa dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran sebagai pengantar informasi bagi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media Ular Tangga terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas 5 SDN 01 Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas 5 di SDN 01 Manisrejo dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 76,25. Saran dari penelitian ini perlu dilakukan penelitian serupa dengan menggunakan sampel dan materi yang berbeda sehingga dapat diketahui apakah media Ular Tangga masih efektif digunakan.


Keywords


Media ular tangga; Hasil belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Firman, F., & Maisyarah, E. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. January. https://doi.org/10.31227/osf.io/46prn

Hariyanto, S. (2014). Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Malawi, I. (2015). Penelitian Pendidikan. CV.AE Media Grafika.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The effect of multiple media instruction in improving students’ science process skill and achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 346–350. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.099

Yumarlin, M. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga. Jurnak Teknik, 3(1), 75–84. http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/10-Revisi-YUMARLIN-22-8-13.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.