Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Jawa Materi Unggah-Ungguh Basa Berbasis Model Pembelajaran Picture and Picture di Kelas V SD

Sony Irianto, Octo Wijayanti, Wahyu Dwi Utami

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lunturnya penggunaan bahasa Jawa dikalangan generasi muda. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan angket penggunaan LKSyang telah ada menunjukkan bahwa produk LKS yang digunakan di SD masih terdapat banyak kekurangan sehingga diperlukan suatu pengembangan LKS untuk memperbaiki LKS yang sudah dipakai di Sekolah Dasar. Proses pengembangan LKS menggunakan model 4-D Thiagarajan, Samel and Samel yang telah dimodifikasi menjadi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. LKS yang telah divalidasi oleh tiga ahli mendapatkan skor rata-rata (4,5) dan dinyatakan “sangat valid”, penilaian guru 4,8 dengan kriteria “sangat setuju”, skor rata-rata respon siswa terhadap LKS memperoleh 4,4 dengan kriteria “sangat baik” dengan rincian respon sangat baik sebanyak 15 siswa dan respon siswa baik sebanyak 5 siswa. Desain eksperimen yang digunakan adalah non equivalent control group design dengan  pengambilan  keputusan: Z < - Zα/2 atau –2 < -0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS  bahasa Jawa berbasis model pembelajaran Picture and Picture terhadap prestasi belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar.

Keywords


LKS; Picture and Picture; Model Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Muhaimin. (2008). Pengembangan Model Kurikulum KTSP. Jakarta: Raja Grafindo.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogykarta: Diva Press.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.