Desain Buku Ajar Flipbook Berbasis Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa SD

Hanifa Fajrin, Rissa Prima Kurniawati, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Permasalahan yang terjadi adalah adanya buku ajar dari pemerintah dan LKS saja dengan desain terlalu polos dan materi terlalu rumit, oleh karena itu membutuhkan buku ajar flipbook agar pembelajaran tercapai dengan baik dengan menggunakan model blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan buku ajar flipbook berbasis blanded learning pada pembelajaran matematika siswa kelas 5 MIN 9 Ngawi berdasarkan penelitian ahli, dan kelayakan buku ajar flipbook berbasis blanded learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pengembangan (Research and Develoment). Subjek dari penelitian tersebut adalah siswa kelas 5 MIN 9 Ngawi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara, angket, tes, dokumentasi. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Robert Maribe Branch yang mengembangkan desain pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Developmant, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar dikembangkan menggunakan desain yang menarik dan materi yang tidak terlalu rumit. Kelayakan buku ajar diukur melalui penilaian oleh para ahli materi 83,5%, ahli media 95%, ahli bahasa 78,1%, angket respon siswa 94,5%, angket respon guru 98%, hasil postest mendapatkan nilai rata-rata 88,2 dan 86,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat kenaikan hasil belajar siswa melalui buku ajar flipbook dengan kategori sangat layak untuk digunakan.

Keywords


Permasalahan pembelajaran; Model blended learning; Buku ajar flipbook

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. 2017. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4(1):35. doi: 10.22373/lj.v4i1.1866.

Agustin, Iva Ning Nur, and Achmad Supriyanto. 2009. “Permasalahan Pendidikan Di Indonesia.” Magistra (Vol 21, No 69 (2009): Magistra Edisi Juni):15.

Astuti, Astuti, and Nurhidayah Sari. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 1(2):13–24. doi: 10.31004/cendekia.v1i2.16.

Herlina, Lina, Noor Aini Habibah, and Hasil Pembahasan. 2012. “Unnes Journal of Biology Education.” Unnes Journal of Biology Education 1(1):1–8.Lanani, Karman. 2013. “Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika.” Infinity Journal 2(1):13. doi: 10.22460/infinity.v2i1.21.

Munandar, Aris, and Swaditya Rizki. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(1):262–69. doi: 10.24127/ajpm.v8i1.1957

Nasution, Nurlian. 2019. MODEL BLENDED LEARNING.

Pranata, Maman. 2013. “Media Pembelajaran Berbasis Power Point.” 213–16.

Teni, Nurrita. 2018. “Kata Kunci :Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatka

Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Misykat 03(01):171.

Wulandari, tine agustin. 2015. Font (Huruf).

Yuliani, Wiwin. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi.” E- Jurnal Pendidikan 4(4):263–68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.