Self Regulated Learning Pada Gaya Belajar Kinestetik Kelas V Sekolah Dasar

Ilmi Nur Jannah, Elly’s Mersina Mursidik, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Kemampuan belajar mandiri lebih diperlukan oleh siswa-siswi yang menghadapi tugas atau pekerjaan rumah secara mandiri dan sebagainya. Self regulated learning atau biasa disingkat dengan SRL ini adalah kemampuan seseorang dalam merencanakan, memonitor, mengontrol, dan mengevaluasi dirinya dalam kegiatan belajar. Gaya belajar adalah kunci utama dalam mengembangkan kinerja pekerjaan, disekolah, dan dalam studi-studi pribadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola belajar self regulated learning pada gaya belajar kinestetik siswa kelas V di SDN 02 Pangongangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus, dengan subjek 1 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi teknik untuk mengetahui pola belajar self regulated learning pada gaya belajar kinestetik siswa kelas V.


Keywords


Kemandirian belajar; self regulated learning; gaya belajar kinestetik.

Full Text:

PDF

References


Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

Fajar Isnaeni. 2017. “PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA.”

Goyena, Rodrigo. 2019. “Metode Penelitian.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Hidayah, Umi Lailatul, Kasmadi Imam Supardi, and Woro Sumarni. 2018. “Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Buffer-Hidrolisis.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12:2075–85.

Khoerunnisa, Novia, Euis Eti Rohaeti, and Devy Sekar Ayu Ningrum. 2021. “Gambaran Self Regulated Learning Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19.” Fokus 4(4):298–308.

Mufidah, Luk-Luk Nur. 2017. “Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 1(2).

Raza, Nurainun. 2017. “Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Persepsi Siswa Mengenai Tugas Akademik Pada Siswa.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(3):397–403. doi: 10.30872/psikoborneo.v5i3.4426.

Sudinadji, Muh Bagus, and Kumaidi Kumaidi. 2019. “Pengalaman Self Regulated Learning Siswa Untuk Menghadapi Ujian.” 4(2):79–95.

Sumarmo, U. 2010. “DIKEMBANGKAN PADA PESERTA DIDIK Oleh : Utari Sumarmo , FPMIPA UPI ...” Pendidkan 3.

Susanti, Henny Dwi, Revi Arfamaini, dan Maria Sylvia,. 2017. “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedur. Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang 4(1):724–32.

Widowati, Rafina. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Melalui Pemanfaatan Media Artikel Opini Surat Kabar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.