Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Drill Pada Tema 6 di Kelas V SD

Yulianda Ghrace Silalahi, Ester Julinda Simarmata, Antonius Remigius Abi, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) Yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode drill. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 091465 Parapat. Dapat dilihat berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa secara individu, klasikal, dan nilai rata-rata siswa yaitu pada pre test siswa secara individual yaitu 5 siswa yang tuntas, secara klasikal 19% dengan nilai rata-rata 54,30. Pada siklus I secara individual 12 siswa yang tuntas, dengan klasikal 46% dengan nilai rata-rata 66,61. Pada siklus II secara individu 21 siswa yang tuntas, dengan klasikal 81% dengan nilai rata-rata diperoleh sebesar 80,19. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Selanjutnya dari hasil observasi guru dan siswa yaitu pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebanyak 54% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 88% kategori sangat berkualitas. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 56% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 86% kategori baik.

Keywords


Hasil belajar; Metode drill

Full Text:

PDF

References


Anzelina, D. (2018). Penerapan Metode UTANG (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri No 101731 Kampung Lalang tahun Pembelajaran 2017/2018. 1-13.

Arikunto, s. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efri Mawati Zai, D. A. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan di kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2).

Istarani. (2018). Kumpulan 38 Metode Pembelajaran. Medan: CV. Iscom Medan.

Jenni Malasari Purba, R. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. Elementary School Journal, 10(2), 216-224.

Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Academic , 283-291.

Lisenia Monika Saragih, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa. jurnal basicedu, 5(1), 2644 - 2652.

Mudjono, D. d. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mukromah, S. (2015). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Perkalian Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas II MI Miftahul Huda Selandaka Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015.

Niati, S. (2014). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar.

Nurjana. (2020). Penerapan Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Pada Tema Kegembiraan di SDN 99/IX Danau Kedap. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 132-144.

Purwanto, M. N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwati, P. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Drill/ Latihan Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran FIQIH. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 48-53.

Raka Hermawan Kaban, D. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. journal basicedu, 5(1), 102-109.

Retnoningsih, E. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Drill di Sekolah Dasar. Jurnal Academic, 1-18.

Roestiyah N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa itu Belajar? 35(1), 31-46.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang Sidempuan. Jurnal akademik, IV(1), 68-79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.