Penerapan Mind Maping Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa di Kelas Tinggi

Nurwidya Restiyono, Eko Prasetyo Nurbudi Wiranto, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Maduretno 1 Kaliangkrik melalui Model Pembelajaran Mind Maping. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan . fokus penelitian ini dilihat dari penerapan mind maping dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek Siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda soal. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menganalisis dalam bentuk angka yang diperoleh siswa dari hasil tes siklus 1 dan siklus 2. Adapun hasil dari penelitian ini data awal 60 % , sedangkan siklus 1 rata-rata 65 % dan siklus 2 rata-rata 85 % , Dengan demikian , Hasil penelitian yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar materi IPS di kelas IV

Keywords


Mind maping, Pemahaman konsep , Kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Sutama. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media

Craswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Murtiyasa, B., Sutama., Thoyibi, M., Ariatmi, S. Z., Muhroji., Sunanda, A., & Zain, A. (2014).

Pedoman Penulisan Skripsi FKIP UMS. Surakarta: BP FKIP UMS.

Purnamiati, G. D., & Arnyana, L. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD No 3 Benoa Kabupaten Badung. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 7. Diakses pada 11 Oktober 2018, dari http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2226

Pujileksono, Sugeng. 2016.Metodologi Penelitian Komunikasi Kualitatif.Malang: kelompok intrans publishing wisma kalimetro

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo Meriam, J. L. & Kraige, L. G. Engineering Mechanics. United State of America :

John Willey & Sons Inc.

Mulyatiningsih Endang. (2010). Pembelajaran Aktif Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). DI P4TK Bisnis dan Pariwisata : Depok


Refbacks

  • There are currently no refbacks.