Meningkatkan Keterampilan Membaca Menulis Dengan Mengunakan Media Pembelajaran Puzzle Suku Kata

Roeska Pendiangan, Patri Janson Silaban, Regina Sipayung

Abstract


Tujuan Penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengunaan Media Puzzle suku kata, dan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dan Pengumpulan Data meliputi Lembar Observasi Aktivitas Guru, Lembar Observasi Aktivitas  Siswa, dan Tes Tertulis. Indikator Keberhasilan Penelitian ini meliputi keberhasilan kualitas proses pembelajaran minimal “baik”, dan  keberhasilan observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa minimal 75% dari jumlah skor maksimum. Hasil penelitian menunjukkan pada  prasiklus dengan nilai rata-rata 55% pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 66% selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata sebesar 82%.Pada prasiklus ketuntasan klasikal 30% pada siklus I meningkat dengan nilai ketuntasan klasikal 47%, selanjutnya pada siklus II nilai ketuntasan klasikal mencapai 87%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebanyak 70% kategori berkualitas dan pada siklus II menjadi 94% kategori sangat berkualitas,  hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 58% kategori cukup dan pada siklus II menjadi 94% kategori sangat baik. Dengan demikian bahwa pembelajaran tematik tema 7 benda hewan dan tanaman disekitarku pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 dengan mengunakan media puzzle suku kata dapat meningkatkan keterampilan membaca menulis siswa di SD Negeri 106232 Penggalangan tahun pembelajaran 2021/2022.


Keywords


Media Puzzle; Kemampuan Membaca dan Menulis

Full Text:

PDF

References


Akbar. dkk 2016. Impelementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.

Amal 2021. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. Banten: Unpam press.

ANGGELIA, U.F. 2018. MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DIKELAS I SEKOLAH DASAR. 14.

Arikanto 2012. PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikanto 2014. Prosedur Penelitian SUATU PENDEKATAN PRAKTIK. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Arikunto.dkk 2017. PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suhardjono & Supardi 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barus 2014. Pembinaan Kompotensi Menulis. Medan: USU press.

Dalman.H 2014. KETERAMPILAN MEMBACA. Bandar Lampung: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Dalman.H 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Gaol, R.L. & Simarmata, E.J. 2019. Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(4): 1032–1035.

Hasan.dkk 2021. Media pembelajaran. Klaten: TAHTA MEDIA GROUP.

Henry, T.G. 2015. MEMBACA. Bandung: CV Angkasa.

Hutabarat, N.M.P. 2019. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Face Threatening act of different ethnic speakers in communicative events of school context, 8(1): 104–115. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018.

Jihad.Haris 2012. EVALUASI PEMBELAJARAN. Yogjakarta: Multi Pressindo.

Kurniawan 2014. PEMBELAJARAN TERPADU TEMATIK (Teori, Praktik, dan Penilian ). Bandung: Alfabeta.

Madasari 2016. Zainal Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Media. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2): 177–183.

Mariati 2018. No Titlemeningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 1 A SDN 01 taman kota. 68.

Mohammad, S. 2016. dasar-dasar menulis dan Penerapannya. Malang: TUNGGAL MANDIRI PUBLISHING.

Muammar 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

Mustikowati, D., Wijayanti, E. & Darmanto, J. 2016. Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1): 39.

Nevyanti, dkk 2017. Media Puzzle Suku Kata dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Kelas I Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2): 189–198.

Sudjana 2016. PENILAIAN HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR. BANDUNG: Remaja Rosdakarya.

Sukardi 2019. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN. Jakarta.

Suryani, Nunuk. Setiawan, Achmad. Putria, A. 2020. MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF dan PENGEMBANGANNYA. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryastini.dkk 2014. PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK TK. 2(1).

Tampubolon 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Tarigan 2017. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tatang 2012. ILMU PENDIDIKAN. Bandung: Pustaka Setia.

Trianto 2019. Mendesain Model Pembelajaran Inopatif-Progresif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, N.P.M.A., Ganing, N. & Kristiantari, M.G.R. 2020. Model Make a Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1): 48–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.