Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar

Meliana Dwi Ardana, Dian Permatasari Kusuma Dayu, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Penggunaan media pembelajaran yang menarik serta memanfaatkan adanya teknologi dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik. Hal tersebut belum terjadi di SD Muhammadiyah 2 Barat karena guru masih menggunakan media gambar dan buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Barat yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independen sampel t test yang sebelumnya sudah diuji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran canva. Hasil nilai t tes menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai t signifikan = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil effect size yang diperoleh sebesar 1,455, dengan kategori pengaruh kecil, hal tersebut berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap keaktifan belajar siswa. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran canva pada pembelajaran. Hasil nilai t tes menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai t signifikan = 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil effect size yang diperoleh sebesar 1,083 dengan kategori pengaruh kecil, hal tersebut berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran canva pada pembelajaran tematik.

Keywords


Media Pembelajaran Canva, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170

Aini, N. R., Murtadlo MS, A., & Gusfarenie, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Smp N 34 Tebo (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Arsyad, Azhar. 2019. MEDIA PEMBELAJARAN. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Daniatun, R., Nasihin, M., Fatimah, F., & Syarif, S. (2022). Media Ludopoli pada Materi Aritmatika Sosial dalam Melejitkan Keaktifan Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13-24.

Hani, U., Agustini, F., & Reffiane, F. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Media Audio Visual Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Sdn Losari Lor 03 Kabupaten Brebes. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(3), 397-404.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Azwar, R., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN (F. Sukmawati (ed.)). Penerbit Tahta Media Group. https://books.google.co.id/books?id=lRQxEAAAQBAJ’

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for. Bangun Rekaprima, 07(2), 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647.

Maradona. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, 8(9), 1–58.

Masitoh, E. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG.

Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 96–101.

Mila, N., Nuralamsyah, Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19.

Narti, Y., Setyosari, P., Degeng, N. S., & Dwiyogo, W. D. (2016). Thematic Learning Implementation in Elementary School (Phenomenology Studies in Pamotan SDN 01 and 01 Majangtengah Dampit Malang). International Journal of Science and Research, 5(11), 1849–1855. https://doi.org/10.21275/ART20163223

Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. www.canva.com.

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(4), 107–113. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621


Refbacks

  • There are currently no refbacks.