Pengaruh Model Discovery Learning Disertai Metode STAD Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa SD

Dinda Amalia Nuranida, Nur Syamsiah, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model discovery learning disertai metode stad berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa sd. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SDN Wonokerto 1 dan SDN Wonokerto 4, di penelitian ini semua populasi dijadikan sampel. Kelas IV SDN Wonokerto 1 sebagai kelas kontrol dan kelas IV SDN Wonokerto 4 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t yaitu thitung = 16,898 dan ttabel = 1,710 dengan kriteria thitung > ttabel, maka H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model discovery learning disertai metode stad berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa sd.

Keywords


discovery learning, stad, flashcard, siswa sd

Full Text:

PDF

References


Astari, F. A., Suroso, & Yustinus. (2018). efektifitas penggunaan model discovey learning dan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA kelas 3 sd. 2(75), 1–11.

Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. 4(1). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1529

Helmiati. (2007). Model Pembelajaran.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508

Putra, A. S. A., Sabdaningtyas, L., & Taruna, R. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media video tehadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 246–253. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Sabilli, S., Astuti, N., & Suwarjo. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik. 4(2), 59–63. https://doi.org/10.34289/277895

Setiawan, L. A. (2020). Pengaruh media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar materi bentuk rumah adat kelas iv di min 1 jombang skripsi.

Yantik, F., Suttrisno, & Wiryanto. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. 6(3), 3420–3427


Refbacks

  • There are currently no refbacks.