Peningkatan hasil belajar tematik siswa SD menggunakan model make a match berbantuan media question box

Wiwin Andriani, Nur Samsiyah, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar tematik siswa
kelas IV SDN 3 Trisono melalui modelmake a matchdengan bantuan mediaquestion box.Jenis
penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk subjek penelitian adalah 11 siswa.
Penelitian (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Prosedur pada
penelitianiniadalahperencanaan,pelaksanaan,pengamatan,danrefleksi.Adapunteknik
pengumpulan data yaitumenggunakan teknik wawancara, teknikobservasi, dan teknik tes.
Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan mengumpulkan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis kuantitatif dengan
menganalisis data melalui hasil tes, dan mengukur presentase ketuntasan hasil tes. Hasil penelitian
setelah menggunakan modelmake a matchhasil belajar pada siklus I memperoleh rata rata 73
dengan presentase 55% dan pada siklus II memperoleh rata-rata 92 dengan presentase 91%.
Penerapan modelmake a matchpada hasil belajar siswa mengalami peningkatan 36%, maka hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan modelmake a matchberbantuan mediaquestion box
dapat meningkatkan hasil belajar tematik di SDN 3 Trisono.

Keywords


Make a match, Question box, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang

Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Anggarawati, I. G. A. A., Kristiantari, M. R., & Asri, I. G. A. A. S. (2014). Pengaruh Make a

Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA SD. Jurnal Mimbar

PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2146

Ayuni, I. G. A. P. A. S., Kusmariyatmi, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model

Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa

Kelas V. Journal of Education Technology, 1(2), 183–190.

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Jiwa, Dantes, & Marhaeni. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik

Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas IV Gugus Empat

di Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.621

Pertiwi, P., Dony, N., & Mashuri, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Box

Question Pada Materi Sistem Koloid Di Ma Siti Mariam Banjarmasin. Dalton : Jurnal

Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 26–35. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2385

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa

sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1).

https://www.neliti.com/publications/71489/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-

siswa-sekolah-dasar-di-kecamatan-kota-tam

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil

Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar,

(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Rajawali Pers.

Saputra, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA

dengan Model Pembelajaran Make A Match Di SDN 12 Api-Api Pesisir Selatan. Jurnal

Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 148. https://doi.org/10.29210/120200

Supardi. (2013). Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari interaksi tes formatif uraian

dan kecerdasan emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 78–96.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.115

Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Model Problem Posing Berbantuan

Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa

SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/25472

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model

Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang.

Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56–62.

https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3278

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-Faktor

Determinan Hasil Belajar. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan

dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.