Analisis Soal HOTS Pada Naskah Soal TKM (Tes Kendali Mutu) Kelas 3 Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman.

Risa Tianingsih, Devia Citra Nagari, Andi Wahyudi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah butir soal yang termasuk
kedalam kriteria HOTS pada naskah soal TKM (Tes Kendali Mutu) kelas 3 SD. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menganalisis soal TKM di Tahun
2022. Analisis data berpedoman pada Taksonomi Bloom yang terevisi. Level Kognitif tipe HOTS
berada pada jenjangmenganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Jumlah soal yang
dianalisis berjumlah 290 butir soal yang terdapat pada tema 5 sampai dengan tema 8. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil analisis
menunjukan presentase soal HOTS pada tema 5 sebesar 36,25 % , pada tema 6 sebesar 54,28 % ,
pada tema 7 sebesar 32,86%, dan pada tema 8 sebesar 21,43%. Secara keseluruhan, jumlah
presentase soal bertipe HOTS pada naskah soal TKM Semester Genap 2021/2022 kelas 3 SD di
Kabupaten Sleman yaitu sebesar 39,65%. Berdasarkan presentase tersebut soal tipe HOTS pada
naskah soal TKM kelas 3 di Kabupaten Sleman masih kurang dari 50%, maka dapat dikatakan
pengembangansoalHOTSpadasoalTKMdalampenerapanyadinilaimasihkurang.Maka
diperlukanevaluasidanpeningkatandalampelatihanpengembangansoaltipeHOTSpada
Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai penyusun naskah soal TKM di Kabupaten Sleman.

Keywords


HOTS (Higher Order Thinking Skills), Taksonomi Bloom, Soal TKM

Full Text:

PDF

References


Darus, M. F., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Soal Dalam Buku

Matematika Kelas Vii Semester 1 Berdasarkan Kriteria Dari Higher Order

Thinking Skills (Hots). JPMI (Jurnal ..., 4(4), 777–788.

doi:10.22460/jpmi.v4i4.777-788

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013.

Edudeena, 2(1), 57–76. doi:10.30762/ed.v2i1.582

Fauziah, N. (2018). Analisis Soal Ujian Nasional Tipe Higher Order Thinking

Skills (HOTS) dalam Mata Pelajaran IPA Tingkat SD/MI.

Hasanah, U., Danaryanti, A., & Suryaningsih, Y. (2019). Analisis Soal Ujian

Nasional Matematika SMA Tahun Ajaran 2017/2018 Ditinjau dari Asp Berpikir Tingkat Tinggi. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.

doi:10.20527/edumat.v7i1.6350

Nuraditiya, E. F. dkk. (2020). Analisis Soal Tipe HOTS Dalam Soal Ujian

Nasional SMP Tahun Ajaran 2018/2019. Seminar Nasional Pendidikan

Matematika, 1 (1)(23), 267–270.

Rini, F. I., & Marmoah, S. (2021). Analisis soal higher order thinking skill (

HOTS ) pembelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria,

((4)), 1–6.

Saputro, H. A., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2018). Analisis Soal Ujian

Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jurnal

Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(4), 1–11.

Wirandani, T., Kasih, A. C., & Latifah. (2019). Analisis Butir Soal Hots ( High

Order Thinking Skill ) Pada Soal Ujian Sekolah Kelas Xii Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia Di Smk an-Nahl. Parole:Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,

(4), 485–494.

Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan Soal Tes

Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di

Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(1), 37–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.