SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS V DITINJAU DARI GAYA BELAJAR AUDITORI
Abstract
Hal ini membuat siswa harus mampu untuk belajar secara mandiri tanpa hanya mengandalkan dari
guru saja tetapi juga dari dalam diri siswa. Self regulated learning merupakan suatu proses individu
dimana dapat mengatur, memperbaiki diri sehingga mempunyai tujuan yang ingin dicapai atau
target yang diinginkan dan ketika pencapaian itu terwujud, maka selanjutnya akan ada proses
untuk mengevaluasi pencapaian tersebut, dimana ketika proses yang dilakukan sudah secara
maksimal dapat tercapai maka individu itu akan merasakan kepuasan dalam dirinya. Gaya belajar
adatigayaitugayabelajarvisual,auditoridankinstetik.Tujuandaripenelitianiniuntuk
mengetahui SRL siswa kelas V ditinjau dari gaya belajar auditori. Subjek yang dipilih yaitu siswa
kelas V dengan 1 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini
nantinya berdasarkan indikator self regulated learning yang muncul pada siswa dan ada beberapa
indikator self regulated learning yang muncul dan tidak, dari siswa yang diteliti ini memiliki
indikator SRL dimana siswa sudah menerapkan atau memunculkan self regulated learning pada
belajarnya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Alhadi, S., & Supriyanto, A. (2017). Self-regulated learning concept: Student
learning progress. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan Konseling Dalam
Penguatan Pendidikan Karakter, 336.
Azhar, I. (2019). Sukses Menggapai Prestasi akademik melalui self regulated
learning. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6, 103–108.
Dinata, D. (2016). Self Regulated Learning Sebagai Strategi Membangun
Kemandirian Peserta Didik Dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap
Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Sma Pada Materi Pengukuran, 139–146.
Gumilang G.S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan
Konseling. 2(2), 144–159.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI
(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8.
https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484
Kristiyani, T. (2016). Self Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan
Tantangannya bagi Siswa di Indonesia. In Sanata Dharma University Press,
Yogyakarta.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17.
https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Nahdi D.S, & Juju. (2016). Peningkatan Kemampuan Self Regulated Learning (SRL)
Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(TPS). 2(1), 4.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. 17(33), 81–95.
Syofyan, H. (2018). Analisis Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil
Belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 79.
Zamnah, L. N. (2019). Analisis Self-Regulated Learning yang Memperoleh
Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem-Centered Learning dengan
Hands-On Activity. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).
https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3495
Refbacks
- There are currently no refbacks.