Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 02 Kutoarjo

Sherin Dinda Kirani, Irma Septiyaningsih, Putri Asmazta Yusvinthawati, Ispra Tri Ardiyanto, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya pemahaman konsep siswa dalam
pembelajaran IPA materi Panas dan Perpindahannya. Peneliti ini memberikan solusi dengan
penerapan metode demonstrasi, suatu metode pembelajaran dengan cara memperagakan barang,
kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui
penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang
disajikan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah model
penelitian yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Adapun desain PTK penelitian ini mengacu pada skema yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc.
Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Kutoarjo Kecamatan
Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah seluruh siswa yang dijadikan
subjek dalam penelitian adalah 10 siswa yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan dan 5 orang
siswa laki-laki. Adapun instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah 25 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas V SD Negeri 02
Kutoarjo didapatkan data awal dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 50,25 maka dari itu
diadakan penelitian agar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan
metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Panas dan Perpindahannya. Setelah itu,
berdasarkan hasil penelitian terungkap adanya peningkatan hasil evaluasi siswa pada siklus I siswa
memiliki rata-rata 65,59 sedangkan pada siklus II memiliki rata-rata 75,49 dengan presentase
kenaikan dari pra-siklus ke siklus I meningkat sebesar 17,89% sedangkan dari siklus I ke siklus II
meningkat sebesar 27,58% dan dari pra-siklus ke siklus II meningkat sebesar 46,25% maka dari itu
dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkat pemahaman siswa pada pembelajaran
IPA materi Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 02 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo,
Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022.

Keywords


Metode Demonstrasi; Pemahaman Konsep; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan

Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata

Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Fip, P., & Negeri, U. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdk Baptis

Surabaya.

Ii, B. A. B. (2010). T1_292013236_Bab Ii. 6–18.

Ilmu, A. H., Alam, P., & Ipa, P. (2010). BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Hakikat Ilmu

Pengetahuan Alam 1. 7–30.

Konsep, M., Kalor, P., Kehidupan, D., & Belajar, P. (2021). SD Negeri Pagedangan 02.

(1).

Kudus, S. (2017). BAB 2 Kajian pustaka, Penjualan. 8–32.

Muparok, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Mempertahankan

Kemerdekaan Ri Melalui Media Visual Pada Pembelajaran Ips.

Perpustakaan.Upi.Edu, 1–10.

Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran

Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. ORBITA: Jurnal

Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205.

https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4665

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video

Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi

Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Pratiwi, R. A. (2019). Penerapan metode ceramah dan diskusi selama

pembelajaran online. Universitas Riau, 1–8.

Prestasi, D., & Demonstrasi, B. A. M. (2013). Teori Tentang Metode Demonstrasi.

–43.

Putri, S. A. R. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil

Pembelajaran Menyublim Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 9 Malang. Ibtidaiyyah:

Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30–46.

https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i1.1069.

Rahmawati, F. D. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri

terbimbing terhadap keterampilan proses belajar sains kelas III SDN Madiun Lor

Kabupaten Madiun Tahun .... Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 53–58.

Rasmono, R. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kompetensi Dasar

Menerapkan Konsep Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan Sehari-hari Melalui

Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019

SD Negeri Bulakpucang 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupa. Dialektika Jurnal

Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 312-321.

Sunarti, Jamhari, M., & Paudi, R. I. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Pada

Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN

Padauloyo Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-Una. Tunas Bangsa|,

(4), 2354-614X.

Tuminah, W. (2022). ... Alat Peraga Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Materi Sifat-Sifat ....

Jurnal Ilmiah Didaktika PGRI, 8(1), 51–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.