Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Tadarus Pagi

Denta Safira, Okta Mutiara

Abstract


Karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu objek atau individu. Karakteristik yang asli dan berakar pada kepribadian atau individu benda, serta “mesin” yang mendorong bagaimana bertindak, berperilaku, katakanlah, dan menanggapi sesuatu.   Sementara itu, dalam pelaksanaan pembelajaran keagamaan salah satu faktor pentingnya ialah kedisiplinan peserta didik di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDN Ciomas 05 Kabupaten Bogor dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian kali ini ialah wawancara dan studi dokumentasi. Dengan tujuan penelitian untuk memahami bagaimana proses pendidikan karakter melalui kegiatan tadarus pagi di SDN Ciomas 05. Kegiatan tadarus pagi yang dilaksanakan secara rutin oleh SDN Ciomas 05 sejak tahun ajaran 2014/2015 mendapatkan hasil bahwa dari pembiasaan-pembiasaan baik yang dilakukan secara terus menerus dan konsisten dapat memberikan dampak ke peserta didiknya. Dari pembiasaan kegiatan tadarus pagi siswa SDN Ciomas 05 membentuk nilai-nilai religius, bertanggung jawab, disiplin, dan komunikatif terhadap peserta didiknya.


Keywords


Karakter; Tadarus; Pembelajaran; Siswa

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma'mur. 2012. Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. yogyakarta: Diva press.

Adisusilo, S. 2014. Pembelajaran nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Akmalul. 2018. Pembentukan Karakter Disiplin dalam Pembiasaan Tadarus Al-Qur’anpada Siswa di SMK Negeri 3 Purwokerto. IAIN Purwokerto: Press.

Eka Fridamayanti. 2019. Analisis Pelaksanaan Program PPK Melalui Kegiatan Tadarus dalam Mengembangkan Nilai Religius. Universitas PGRI Semarang. Press. 2(2): 251

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo.

Kusuma, Dharma dkk. (2011). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003. (2010). Sistem Pendidikan Nasional. Jogjakarta: Bening.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.